Sunday , 24 February 2019

Danau Cermin Balikpapan yang Wajib Anda Singgahi

danau cermin balikpapan lamaru
Credit: genmuda.com

Danau Cermin Balikpapan yang Wajib Anda Singgahi – Kabarnya biaya hidup di Kota Balikpapan yang masuk wilayah Kalimantan Timur ini terbilang mahal, namun tidak dengan kunjungan ke obyek wisata terbaiknya. Salah satunya Danau Cermin Balikpapan yang sebenarnya memiliki nama Danau Rawamangun, yang memang bisa didatangi dengan modal tipis.

Meskipun Balikpapan menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, namun menariknya beriwisata kesini dipastikan menghemat budget Anda. Sebab ada banyak obyek wisata alami yang super indah namun biaya masuknya murah bahkan ada yang hanya tinggal bayar parkir saja.

Jika mampir ke Balikpapan jangan lupa mampir ke Danau Cermin Balikpapan yang berada di Jl. Rawamangun RT 20, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Danau ini memang dikenal akan keindahanya yang memiliki luas kurang lebih satu hektar. Keindahan yang dimilikinya membuat para wisatawan penasaran untuk singgah dan menikmatinya secara langsung. Namun, sebelum memesan tiket terbang ke Balikpapan dan mampir kesini tak ada salahnya mencari infonya dulu agar tidak tersesat dan perencanaan biayanya sudah matang.

Asal Terbentuknya Danau Cermin

Meski keindahanya cukup tersohor dan sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu obyek wisata potensial di Balikpapan, namun danau indah ini bukanlah danau alami. Kabarnya danau ini merupakan danau buatan yang awalnya berupa tanah lapang yang diolah para anggota TNI tahun 2009 sebagai area latihan menembak.

Lahan seluas 1 hektar yang menjadi lokasi dilakukanya latihan tembak ini kemudian mulai ditinggalkan, dan meninggalkan lahan cekung. Cekungan ini perlahan terisi oleh air dan dari sinilah asal muasal terbentuknya Danau Cermin.

Sesuai dengan namanya Danau Cermin ini memang menawarkan air danau yang super jernih sehingga bisa dijadikan untuk bercermin. Maka masyarakat mengenal atau menyebutnya sebagai Danau Cermin Balikpapan, meskipun masih banyak nama atau sebutan lain untuk menyebut danau cantik ini. beberapa orang menyebutnya sebagai Danau Cermin Lamaru karena memang terletak di Kelurahan Lamaru. Kemudian ada pula yang menyebutnya sebagai danau Rawamangun, nama ini diberikan karena danau tersebut berada di Jl. Rawamangun.

Baca Juga:  Biaya ke Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang Mempesona
danau cermin lamaru balikpapan
Beningnya Danau Cermin Lamaru

Nama lain untuk menyebutkan danau super jernih ini adalah Danau Hijau, nama ini diberikan karena penampakan airnya seolah berwarna hijau. Warna hijau ini muncul dari refleksi pepohonan tinggi yang tumbuh di sekitar danau dan bayangnya terpantul ke permukaan.

Saking jernihnya air di danau ini maka pepohonan yang nampak di permukaan danau seolah tumbuh di dasar danau dan membuatnya terlihat berwarna hijau. Kira-kira Anda suka menyebutnya dengan nama yang mana? Pada dasarnya nama mana saja yang dipakai sah-sah saja, karena masyarakat setempat dijamin tahu danau yang Anda maksudkan.

Mitos Terkait Danau Cermin Lamaru

Sebagai obyek wisata alami yang dikenal indah, ternyata danau satu ini juga memiliki cerita mitosnya sendiri. tak pelak cerita mitos ini kemudian menjadi bumbu penyedap bagi siapa saja untuk memutuskan singgah kemari. Kabarnya beberapa tahun yang lalu ada anak laki-laki yang tenggelam di dasar Danau Cermin Balikpapanini, dan selang beberapa lama mayatnya ditemukan dalam kondisi tubuhnya tak terlihat meninggal karena tenggelam. Melalui kasus ini masyarakat setempat kemudian mempercayai mitos jika ada ular raksasa penunggu danau tersebut.

Mitos ini pun masih beredar santer sampai sekarang, maka masyarakat sekitar selalu mewanti-wanti pengunjung agar tak meninggalkan anak laki-lakinya sendirian di tepi danau. Kemudian beredar mitos lainya yang menyatakan jika danau indah ini ditunggu oleh makhluk astral yang semasa hidupnya kehilangan anak laki-lakinya di lapangan tembak tersebut. Konon anaknya menjadi korban peluru nyasar oleh anggota TNI yang berlatih menembak di area tersebut, sepeninggalnya kemudian terus mencari anaknya.

Baca Juga:  Tempat Nongkrong di Berau yang Wajib Kamu Kunjungi Terbaru

Sampai saat ini makhluk astral tersebut dipercaya masih mencari anak laki-lakinya maka pengunjung diharapkan waspada ketika punya anak laki-laki dan ikut berkunjung. Memutuskan untuk percaya atau tidak mengenai mitos ini merupakan hak perogatif Anda, namun mengikuti saran masyarakat setempat tentu bukan keputusan buruk. Apalagi mereka tentu lebih paham kondisi Danau Cermin Balikpapandibandingkan Anda karena sudah lama tinggal di daerah sekitarnya.

Rute Perjalanan Menuju Danau Cermin

Apabila Anda tertarik untuk mengecek langsung mitos tersebut atau mungkin lebih prefer untuk menikmati keindahanya yang sudah tersohor. Maka sebaiknya tahu bagaimana rute perjalanan untuk sampai ke danau cantik ini ketika ditempuh dari pusat kota Balikpapan. Jarak dari pusat kota memang mencapai puluhan kilometer, maka jika ingin nyaman sampai ke lokasi danau bisa memilih menyewa kendaraan seperti motor ataupun mobil jika berkunjung bersama rombongan.

Opsional lainya adalah memanfaatkan angkutan umum, dari pusat kota Balikpapan tinggal naik angkot dengan nomor lamung nomor 7. Sebutkan tujuan Anda untuk berkunjung ke Danau Cermin nantinya akan diturunkan di depan SMK Adzkiya, atau bisa pula diturunkan di dekat Pondok Pesantren Gema Rahmatullah. Setelah itu tinggal jalan kaki sebentar menuju ke Danau Cermin Balikpapan, supaya tak tersesat silahkan bertanya arah jalan ke penduduk sekitar.

Spot Terbaik Danau Cermin

Sebagai wisatawan yang berkunjung ke danau cantik di Balikpapan ini dijamin akan merasa wajib mengabadikan kunjungan ke dalam bentuk foto maupun video. Supaya bisa menghasilkan foto yang indah dan mempresentasikan keindahan danau ini maka penting untuk mencari spot terbaik sebelum membidik. Jika Anda mengambil foto langsung di tepi danau perlu diakui hasilnya akan kurang maksimal, sebab pemandangan danau akan nampak datar dan tak nampak kecantikanya. Jadi disarankan untuk naik ke bukit di dekatnya.

Baca Juga:  Eloknya Pantai Lamaru Balikpapan Berpagar Cemara
danau cermin balikpapan
Pengen nyebur, gaes?

Memotret danau dari tempat lebih tinggi bisa menghasilkan foto yang super indah, sehingga pemandangan danau cantik ini semakin maksimal. Opsional lainya adalah memilih memotret dengan posisi menyerong jadi silahkan  berdiri atau duduk di dekat danau dan foto diambil tidak tegak lurus dengan arah danau melainkan sedikit serong. Melalui trik ini Anda bisa mendapatkan foto yang Instagramable dan tak malu memamerkanya ke akun media sosial.

Danau Cermin Balikpapan memiliki pemandangan yang indah dan didominasi hijaunya alam yang terbentuk secara alami. Beberapa titik membentuk bukit yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan pepohonan, menariknya banyak pepohonan rindah disini. Sehingga memotret dengan kamera handphone sekalipun dipastikan akan menghasilkan foto yang  nampak bagus karena ditunjang pencahayaan alami yang maksimal. Namun, pastikan mencoba trik yang disampaikan sebelumnya untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari danau yang cantik ini.

Meski lumayan jauh dari pusat kota dan fasilitas di sekitar danau masih terbolang terbatas namun keindahannya diakui sangat mempesona. Berkunjung kesini dijamin tak akan kecewa karena bisa menikmati keindahan danau dengan maksimal tanpa harus berebut dengan wisatawan lain karena belum terlalu ramai. Soal biaya masuk dijamin murah, sehingga Anda hanya perlu memikirkan biaya transportasi menuju ke Danau Cermin Balikpapan ini karena memang lumayan jauh.