Saturday , 15 December 2018

Candi Agung Amuntai, Kerajaan Hindu yang Masih Terkoneksi Alam Ghaib

Candi Agung Amuntai
IG: saidrsdy_

Sama layaknya kota-kota besar lainnya yang tumbuh dengan wisata bersejarah yang mengiringinya, Banjarmasin terkenal dengan julukan kota Seribu Sungai yang dipenuhi dengan wisata bahari yang menawan, ternyata tahukah dibalik wisata baharainya kota ini juga menyimpan wisata bersejarah yaitu Candi Agung Amuntai. Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang masih kental kaitannya dengan Kerajaan Hindu yang terletak di wilayah Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kota Amuntai Kalimantan Selatan.

Situs bersejarah yang diperkirakan sudah berusia 700 tahun ini merupakan situs peninggalan Kerajaan Negara Dipa yang dibangun oleh Empu Jatmika pada abad ke XIV Masehi yang keberadaanya sudah cukup lama sejaman dengan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Negara Dipa yang dibangun pada tahun 1438 sebelum masehi ini berada di persimpangan tiga sungai yaitu Sungai Tabalong, Sungai Balanagan, dan Sungai Negara yang sudah melahirkan dua kerajaan baru yaitu Kerajaan Negara Daha an Kerajaan Banjarmasin.

Nah, setelah itu barulah Kerajaan Negara Dipa berkembnag menjadi kota Amuntai yang diiringi pula dengan perkembangan Kerajaan Banjar yang terbentuk dari perintah Maharaja Suryantara dan Puti Junjung Bih.

Baca Juga:  Pantai Takisung Pelaihari, Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Kalsel

Keunikan Candi Agung Amuntai

Sesampainya di Candi Agung Amuntai Anda akan disuguhkan dengan bangunan candi yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan ukuran candi pada umunya yaitu tepatnya berukuran 40 meter x 50 meter yang masih terjaga rapi dan bersih oleh pemerintah kota setempat yang dibantu oleh masyarakat sekitar. Dulu pada tahun 1967 di kota Amuntai sempat diadakan penggalian situs purbakala yang menghasilkan penemuan candi lengkap dengan benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang diperkirakan berusia 200 tahun sebelum masehi.

Nah, kemudian banyak penduduk yang menyebut bekas galian tersebut sebagai Gunung Candi atau Bukit Candi sedangkan candi yang berada didasarnya sering disebut dengan Candi Agung Amuntai yang kini dikelola dan dibuka menjadi objek wisata bersejarah di kota Banjarmasin yang paling digemari banyak wisatawan. Selain ditemukannya situs-situs purbakala yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun dalam penggalian situs purbakala tersebut juga ditemukan batu yang bentuknya menyerupai dengan batu bata merah, tetapi hanya saja batu tersebut memiliki ukuran yang cukup besar dan lebar serta memiliki tekstur yang padat dan lebih kuat lebih berat dibanding dengan batu bata merah biasa.

Baca Juga:  Pantai Asmara, Destinasi Liburan Baru yang Masih Asri di Banjarmasin
Situs Candi Agung Amuntaii
Situs Candi Agung Amuntai. IG: _banyu

Diperkirakan bahwa temuan batu tersebut merupakan bahan dasar untuk membangun Candi Agung Amuntai pada masanya. Banyak orang yang menganggap bahwa batu yang ditemukan di Candi Agung Amuntai ini mirip dengan situs sejarah yang ditemukan di kawasan Candi Kayen yang berada di jawa Tengah. Uniknya, meski Candi Agung Amuntai ini berusia ratusan tahun, namun keadaan bangunannya dan bentuk bangunanya masih kokoh dan kuat serta tak berubah. Jadi tenang saja bagi Anda yang ingin mengunjungi situs bersejarah ini karena masih sangat terasa kental sekali sejarahnya.

Pertapaan Pangeran Suryanata Candi Agung Amuntai
Pertapaan Pangeran Suryanata IG: i_gusty_a

Dalam perkembangan, situs sejarah Candi Agung Amuntai ini tak terpungkiri juga banyak sekali cerita mistis yang ikut berkembang pula disekitar kawasan Candi Agung Amuntai dan cerita tersebut diyakini oleh masyarakat sekitar. Menurut masyarakat sekitar, meskipun Kerajaan Negara Dipa ini nampak mata sudah mati dan menjadi sebuah sejarah yang dilestarikan, namun sebenarnya kerajaan ini masih terus berkembang dan masih ada dengan bangunan kerajaannya mencapai 7 tingkat yang dilapisi emas sangat megah. Namun, tak sedikit orang juga tak mempercayai cerita mistis tersebut, banyak orang yang menganggap bahwa kawasan ini hanyalah sebagai situs bersejarah yang senantiasa wajib bersama-sama dijaga dan dirawat, supaya dapat menjadi potensi wisata yang memancing wisatawan mancanegara mengunjunginya dan situs budaya.

Baca Juga:  8 Spot Foto di Banjarmasin yang Terbaru dan Instagrammable

Nah, itulah ulasan mengenai situs bersejarah Candi Agung Amuntai yang berada di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan yang wajib Anda ketahui dan mungkin jika Anda plesiran di kota Banjarmasin bisa dimasukkan ke dalam daftar wisata. Karena selain berlibur Anda juga akan mengenal sejarah terbentuknya Candi Agung Amuntai ini lengkap dengan cerita mistisnya yang selalu mengiringi.

Bagaimana, tertarik liburan kesana? Atau justru takut dengan ceritanya? Jika berminat silahkan ikuti koordinat google maps disini agar cepat sampai tujuan. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.