Sunday , 24 February 2019

Bukit Bangkirai Balikpapan: Rute, Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket

bukit bangkirai balikpapan

Bukit Bangkirai Balikpapan merupakan salah satu kawasan Hutan Hujan Tropis di Indonesia. Bukit Bangkirai berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Di Indonesia sendiri, objek wisata dengan nuansa Tropical Rain Forest merupakan objek wisata yang sangat jarang untuk bisa ditemui. Beberapa pulau di Indonesia justru sama sekali sudah tidak memiliki hutan tersebut karena telah beralih menjadi kawasan penduduk.

Namun beruntungnya di tengah padatnya kota Balikpapan, terdapat satu tempat yang masih sangat natural dan memiliki suasana yang alami yang lokasinya tak jauh dari pusat kota. Bukit tersebut merupakan objek wisata alam yang pengelolaannya dikelola oleh PT. Inhutani Balikpapan.

bukit bangkirai balikpapan pintu masuk
Pintu Masuk Bukit Bangkirai

Fasilitas, Akses, dan Harga Tiket Bukit Bangkirai Balikpapan

1. Akses

Untuk sampai ke Bukit Bangkirai Balikpapan, Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan transportasi darat yang akan memakan waktu sekitar satu setengah jam dari pusat Kota Balikpapan. Secara umum, wisata ini merupakan kawasan hutan hujan tropis dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kolam renang, cottage, restoran, aula, dan cabin.

Baca Juga:  Tempat Nongkrong di Berau yang Wajib Kamu Kunjungi Terbaru

Kawasan wisata ini memiliki luas hingga 1.500 hektar dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Anda dapat melihat dengan langsung berbagai pohon-pohon yang menjulang tinggi. Pohon –pohon yang berada di hutan ini hampir seluruhnya memiliki tinggi batang pohon sekitar 40 sampai 50 meter dengan diameter 2,3 meter. Pohon-pohon tersebut banyak yang sudah berusia lebih dari 150 tahun yang lalu.

Gapura Bukit Bangkirai
Gapura Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai Balikpapan ini dinamakan Bangkirai karena di dalam bukit atau hutan ini terdapat berbagai macam biantang satwa yang berkeliaran di kawasan hutan. Selain itu, Bukit Bangkirai adalah satu dari hutan konservasi yang dikelola oleh pemerintah dengan tujuan agar dapat mengembangkan sebuah monument yaitu monument hutan tropis basah.

Hutan ini juga memiliki keunikan yaitu hutan ini ditumbuhi oleh banir atau akar papan yang kuat dan besar sehingga pohon Bangkirai yang terdapat di hutan tersebut terlihat sangat indah. Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona.

Anda bisa melepas segala penat yang telah melakukan aktivitas yang padat di hari Senin hingga Jumat di kota. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang berdomisili di daerah Kalimantan.

Baca Juga:  Perencanaan Biaya ke Pulau Derawan

2. Fasilitas

Bukit Bangkirai Balikpapan ini selain itu bisa menikmati fasilitas hutan yaitu dengan menantang adrenalin Anda. Terdapat sebuah spot yaitu jembatan gantung yang terdapat di dalam kawasan hutan tersebut. Jembatan tersebut dinamakan dengan Canopy Bridge atau jembatan gantung.

Jembatan gantung ini memiliki panjang hingga 64 meter. Jembatan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung pertama yang ada di Indonesia.

Jembatan Gantung Bukit Bangkirai
Jembatan Gantung Bukit Bangkirai

Selain itu, jembatan ini juga menempati posisi kedua di negara Asia dan merupakan kedelapan yang ada di dunia.  Salah satu hal yang membuat jembatan gantung ini istimewa yaitu konstruksinya yang dibuat di Amerika Serikat.

Hal lain yang membuat jembatan ini istimewa yaitu karena jembatan tersebut digantung dengan menghubungkan lima pohon Bangkirai yang ada dan ketinggiannya mencapai 30 hingga 40 meter. Sehingga ketika Anda berada di atas jembatan, Anda akan merasakan sensasi yang tidak biasa dengan terpaan angin yang datang tentunya akan sangat menguji keberanian Anda.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

3. Harga Tiket

Tiket masuk Bukit Bangkirai Balikpapan ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh uang sebesar 3.500 untuk pengunjung dewasa, kemudian anak-anak hanya perlu membayar 1.500. Terdapat biaya retribusi parkir yang diterapkan di lokasi.

Untuk parkir kendaraan roda empat, Anda akan dikenakan biaya 5.000 rupiah, sedangkan kendaraan roda dua yakni 3.000 rupiah. Apabila Anda tertarik untuk mencoba wahana Canopy Bridge atau jembatan gantung yang ada di kawasan wisata ini, maka Anda harus merogoh biaya sebanyak 20.000 rupiah. Apabila ada turis atau wisatawan dari mancanegara, maka hanya perlu merogoh biaya 50.000 rupiah saja.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Bukit Bangkirai Balikpapan? Kamu bisa mengikuti koordinat GPS Bukit Bangkirai ini untuk menuju ke lokasi ini. Selamat berlibur, gaes!