Sunday , 24 February 2019

Bukit Alpha Balikpapan Menampilkan Keindahan Ilalang yang Mempesona

bukit alpha balikpapan

Balikpapan memiliki beberapa tempat indah yang berpotensi menjadi wisata alam, salah satunya adalah Bukit Alpha Balikpapan. Bukit ini menampilkan sebuah pemandangan hijau khas padang savana karena dilihat dari kejauhan Anda akan melihat sebuah bukit yang murni tertutup rerumputan dan ilalang tinggi.

Bukit ini berkat populernya penggunaan media sosial menjadi buah bibir sehingga menggawet banyak wisatawan untuk mampir. Berhubung masih dikenal dari media sosial maka jangan kaget jika kondisi disini belum terlalu ramah wisatawan.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Bukit Alpha

Bukit yang nampak hijau dan indah ini berada di kawasan Kelurahan Manggar di Balikpapan Timur, dan masuk ke kawasan pesisir di Kalimantan. Melirik alamat lengkapnya tentu sudah bisa ditebak jika lokasi bukit ini terbilang lumayan jauh dari pusat kota Balikpapan.

Jarak yang musti ditempuh dari pusat kota sekitar 20 kilometer, dan kabar baiknya ada transportasi umum yang bisa dinaiki untuk singgah kesini. Hanya saja angkutan umum ini tidak berhenti tepat di dekat bukit melainkan masih berjarak 500 meter dari jalanan beraspal.

Jadi, setelah Anda naik angkutan kota dan berhenti di tepi jalan nantinya akan ada jalan setapak yang musti dilalui dengan berjalan kaki. Jarak tempuhnya lumayan dekat karena hanya 500 meter saja dan sampailah Anda di Bukit Alpha Balikpapan yang tersohor belakangan ini. agar tak tersesat pastikan untuk meminta kepada supir angkot berhenti di bukit tersebut, sehingga bisa turun di titik yang tepat tanpa harus berjalan kaki terlalu jauh. Menariknya disamping bukit hijau ini terdapat Tempat Pembuangan Sampah Akhir Balikpapan.

Meski begitu aroma sampah tidak akan menggangu kunjungan Anda menikmati keindahan Bukit Alpha ini, sebab jaraknya masih lumayan jauh. Meski baru belakangan ini dikenal dan fasilitas wisatawanya belum lengkap namun keindahan pemandangan yang disajikan bisa menjadi obat atas perjuangan Anda mampir kesini.

Baca Juga:  Hutan Lindung Sungai Wain, Surga Bagi Pecinta Alam di Balikpapan

Ditambah bebas biaya masuk sehingga tak perlu ragu menjadikan Bukit Alpha sebagai destinasi ketika berlibur ke Balikpapan dengan budget yang terlalu kecil.Hijaunya pemandangan membuat Anda bisa berfoto sampai puas dengan hasil yang maksimal, apalagi dilihat dari kejauhan bukit ini nampak seperti Bukit Telletubbies.

Asal Muasal Nama Bukit Alpha

Setelah tahu bagaimana rute perjalanan menuju ke Bukit Alpha Balikpapanyang dikenal indah dan membentangkan pemandangan hijau di perbukitanya yang menjulang. Maka perlu tahu pula sejarah mengapa bukit hijau ini disebut sebagai Bukit Alpha. Rupanya ada latar belakang yang memang kurang bagus sehingga bukit ini diberi nama tersebut.

Oleh masyarakat setempat pemberian nama Bukit Alpha karena bukit hijau ini sering dijadikan lokasi para siswa sekolah untuk membolos dari jam pelajaran. Maka karena alpha mereka di kelas memberi inspirasi nama bukit tersebut menjadi Bukit Alpha.

Mencuatnya Nama Bukit Alpha di Balikpapan

Sebelumnya Bukit Alpha Balikpapan yang tertutup oleh ilalang dan rerumputan ini hanya dipandang sebagai bukit biasa, dan menyajikan lahan kosong sangat luas. Masyarakat setempat menganggapnya sebagai bukit yang hanya sekedar bukit apalagi ditutup oleh ilalalng yang tumbuh tebal dan tinggi-tinggi. Namun siapa sangka, kreatifitas seorang tim redaksi sebuah majalah lokal di Balikpapan memilih bukit ini sebagai lokasi foto dari model yang menjalani kontrak kerja dengan mereka.

Foto dengan latar belakang rerumputan, perbukitan, dan ilalang yang menjulur panjang secara manja menghasilkan foto yang terlihat menakjubkan. Apalagi sebelum dimuat tentu foto tersebut melewati proses editing, maka ketika dimuat di majalah lokal tersebut banyak masyarakat di Balikpapan mulai mengenal bukit indah tersebut.

Baca Juga:  Souvenir Khas Balikpapan yang Menyimpan Kenangan

Awalnya merupakan bukit biasa yang tidak istimewa kemudian berkat redaksi majalah lokal mampu mendongkrak pamornya dan dikunjungi banyak masyarakat Balikpapan dan sekitarnya.

indah gak gaes bukit alpha nya
Indah gak gaes Bukit Alpha-nya?

Tak pelak banyak pengunjung yang mengabadikan kunjunganya ke Bukit Alpha Balikpapan dengan berfoto dan membuat story di akun media sosialnya. Kehebatan media sosial yang menyentuh semua kalangan membuat bukit hijau dan indah ini semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Tak pelak semakin banyak orang tertarik berlibur ke Balikpapan dan mampir kesini, Andapun bisa memutuskan untuk singgah manakala punya kesempatan berkunjung ke Balikpapan. Hijaunya pemandangan di kawasan perbukitan yang membentuk pemandangan cantik mampu memanjakan mata Anda.

Tips Berkunjung ke Bukit Alpha

Meski dikenal luas berkat media sosial dan menarik minat wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia untuk mampir. Namun oleh masyarakat setempat sampai sekarang masih menganggapnya sebagai bukit biasa bukan sebagai tempat wisata. Hal ini juga ditunjang oleh akses menuju bukit yang masih apa adanya, namun ketika bukit ini sudah sangat terkenal dan pemerintah setempat menyadari potensinya. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun mendatang akses kesini semakin mudah dan sudah disediakan fasilitas berwisata yang lengkap.

Seperti uraian di awal jika sudah turun dari angkutan kota maka Anda musti berjalan kaki menuju bukit Alpha sepanjang 500 meter. Apabila berkunjung kesini dengan menyewa kendaraan baik motor maupun mobil, baiknya menitipkanya ke rumah-rumah warga.

Sebab belum ada jasa parkir di lokasi sehingga kurang aman jika dibawa sampai ke atas bukit dan malah berpotensi merusak rerumputan dan ilalang yang menjadi kunci keindahan bukit tersebut. Berhubung dititipkan maka bebas biaya parkir, dan tentunya masuk ke Bukit Alpha Balikpapanjuga masih bebas biaya alias gratis. Sangat murah bukan?

Baca Juga:  Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur

Usai berjalan kaki yang lumayan, Anda tentu tak akan sempat merasa lelah sebab terobati oleh pemandangan indah di bukit tersebut. Demi kenyamanan usahakan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah atau hotel tempat Anda menginap. Sebab perlu berjalan setidaknya 500 meter lagi untuk sampai ke warung makan dan toko kelontong yang dikelola masyarakat setempat. Jadi, daripada berjalan bolak-balik dengan jarak yang tidak dekat sebaiknya sudah menyiapkan bekal sendiri.

Saat memutuskan untuk berkunjung baiknya sudah mempersiapkan stamina Anda, karena selain jarak yang jauh dari pusat kota. Anda pun perlu berjalan kaki agak lumayan untuk sampai ke lokasi Bukit Alpha Balikpapan yang dikenal indah ini.

Ditambah perlu mendaki bukit yang ternyata tak bisa dikatakan pendek melainkan bukit disini menjulang tinggi. Supaya sensasi kunjungan terasa maksimal tentu perlu memutuskan mendaki sampai ke puncak, terutama untuk mendapatkan foto terbaik. Jadi, pastikan sudah menyiapkan stamina Anda supaya tidak kelelahan ataupun pingsan saat berkunjung kemari.

Meskipun lokasinya jauh dan fasilitasnya masih minim, namun mencoba mencicipi sensasi berkunjung ke bukit indah ini bukanlah kesalahan. Sebab ketika sampai di lokasi dijamin Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau di depan mata.

Ketika berkunjung jangan kaget akan bertemu dengan banyak aak muda, karena di Balikpapan bukit hijau ini dikenal sebagai spot terbaik untuk nongkrong, silahkan menyiapkan berbagai hal yang diperlukan sebelum datang ke Bukit Alpha Balikpapan.