Sunday , 24 February 2019

Biaya ke Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang Mempesona

Biaya ke Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang Mempesona
Pulau Maratua

Biaya ke Pulau Maratua sering kali menjadi pertanyaan bagi para traveller yang hendak menyusun rencana liburan ke salah satu pulau terindah di Kepulauan Derawan. Biaya ke Pulau Maratua dibutuhkan untuk membiayai transportasi darat dan laut yang harus ditempuh agar bisa sampai ke Pulau Maratua.

Perjalanan menuju Pulau Maratua memang cukup sulit, sebab, pulau kecil nan indah ini merupakan pulau terluar dari Indonesia dan terletak di perairan Sulawesi yang tidak jauh dengan perbatasan negara tetangga, Malaysia. Dari Kepulauan Derawan, Pulau Maratua dapat ditempuh selama satu jam perjalanan laut dengan menggunakan speed boat.

Keindahan Pulau Maratua

Sebagaimana indahnya Kepulauan Derawan, Pulau Maratua juga memiliki keindahan alam yang begitu luar biasa. Hamparan pasir putihnya beserta air yang berwarna biru sangat jernih, serta angin yang bertiup sepoi-sepoi menjadikan pesona Pulau Maratua sangat luar biasa.

Perjalanan via laut yang cukup lama akan terbayarkan ketika sampai di Pulau Maratua. Keindahan pulau ini serasa menghilangkan seluruh letih dan penat yang ada di dalam diri. Belum lagi keindahan bawah laut yakni hamparan terumbu karang beserta biota lautnya yang begitu mempesona. Selain itu, wisatawan juga berpeluang menemui penyu-penyu laut yang hidup di ekosistem Pulau Maratua.

Baca Juga:  4 Wisata Bahari di Kecamatan Biduk-Biduk, Surga Tersembunyi di Berau

Biaya ke Pulau Maratua

Biaya ke Pulau Maratua ini dihitung setelah tiba di Bandara Kalimarau, Berau. Dari Bandara Kalimarau, perjalanan harus dilanjutkan dengan mobil terlebih dahulu hingga sampai ke Tanjung Batu melalui Tanjung Redeb. Dari bandara ini telah tersedia mobil yang dapat disewa dan siap mengantarkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Maratua. Tanjung Redeb dapat dicapai dengan menggunakan mobil maksimal 2 jam.

Setelah sampai di Tanjung Batu, maka transportasi beralih ke transportasi laut, di mana wisatawan dapat menyewa speed boat untuk mengantarkan wisatawan ke Kepulauan Derawan. Perjalanan dari Tanjung Batu ke Derawan sekitar 30 menit. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dari Kepulauan Derawan menuju ke Pulau Maratua dengan menaiki speed boat selama sekitar satu jam.

Untuk menyewa mobil dari Bandara Kalimarau menuju Tanjung Batu, wisatawan harus mengeluarkan biaya sekitar 600 ribu rupiah. Sedangkan, biaya sewa speed boat untuk menempuh perjalanan dari Tanjung Batu ke Kepulauan Derawan berkisar antara 300 sampai dengan 500 ribu. Adapun sewa speed boat untuk mencapai Pulau Maratua dari Kepulauan Derawan  adalah sekitar Rp 1.500.000 rupiah.

Baca Juga:  Bukit Bangkirai Balikpapan: Rute, Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket

Jadi, total biaya ke Pulau Maratua jika jarak yang dihitung dari Bandara Kalimarau adalah sekitar Rp 2.500.000,-. Jumlah ini belum termasuk dengan biaya tiket, konsumsi, dan penginapan. Adapun apabila ingin berlibur ke pulau ini, sebaiknya wisatawan menggunakan jasa penyedia trip yang sudah banyak tersedia, sehingga biaya ke Pulau Maratua dapat lebih hemat.

Selamat merencanakan perjalanan ke Maratua, gaes!