Monday , 25 February 2019

Berkunjung dan Menikmati Segarnya Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air terjun kedung kandang

Bicara mengenai wisata Gunungkidul, kita memang tetap dipaksa untuk menentukan beberapa puluh obyek wisata yang terbagi dalam beberapa tipe. Ada wisata pantai Gunungkidul yang tetap menarik, Gunung Api Purba yang memesona sampai Air Terjun dengan semua kesegarannya yang senantiasa merayu.

Air terjun yang cukup ngehits akhir-akhir ialah air terjun Kedung Kendang. Air terjun Kedung Kandang begitu cantik membelah hijaunya persawahan masyarakat serta pastinya membuat kamu takjub memandangnya. Air terjun Kedung Kandang berada di Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang mana lokasinya tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kandang meamng diperlukan perjuangan dan tenaga yang tidak sedikit. Dari tempat parkir kendaraan kamu masihlah harus berjalan kaki dengan medan jalan setapak kaki kurang lebih 1 km menyusuri serta menuruni bukit kecil yang cukuplah terjal. Masalah ini lantaran parkiran kendaraan ada dibalik bukit air terjun ini hingga kita mesti berjalan sedikit memutar untuk sampai di air terjun Kedung Kandang ini.

Baca Juga:  Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi

Namun rasanya bukan masalah besar berjalan kaki menuju lokasi air terjun ini karena keindahan Air Terjun Kedung Kandang akan menjadi obat penawar yang sangat menyegarkan. Yang unik dari Air terjun Kedung Kandang adalah air terjun ini bertingkat-tingkat ketinggiannya hingga mencapai 25 meter. Jenis air terjun seperti air terjun Kedung Kandang ini memang sangat jarang dijumpai dimanapun termasuk di Daerah istimewa Yogyakarta ini.

Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang kamu tidak hanya disuguhi dengan air terjun saja namun di kawasan ini kamu juga akan menemukan pemandangan alam yang segar, udara yang sejuk, jauh dari kebisingan kota dan juga lingkungan persawahan yang menyejukkan.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Jika kamu berjalan dari arah Kota Jogja maka kamu bisa langsung menuju ke Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Patuk – Perempatan timur Radio GCD FM (ambil arah ke kiri menuju Ngoro-oro Ombo) – Ngoro-oro. Setelah ada Puskesmas Patuk 2 ambil arah ke kanan – kamu akan menjumpai Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Gnungkidul dan setelah bertemu dengan SDN Nglanggeran lurus aja kemudian pada Pertigaan belok kiri – ada Pertigaan lagi setelah Lapangan ke kanan dan kamu melihat papan petunjuk masuk menuju lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

Baca Juga:  Lokasi dan Tiket Masuk Puncak Watu Payung Semin Gunungkidul

Pada dasarnya air terjun Kedung Kandang ini cukup mudah ditemukan karena sudah cukup banyak petunjuk yang diberikan di sekitar Patuk. Jika masih kesulitan, kamu bisa memanfaatkan warga sekitar untuk bertanya dan mereka dengan senang hati akan menunjukkan jalan menuju Air Terjun Kedung Kandang. Selamat Berlibur, gaes!