Sunday , 24 February 2019

Batu Dinding Balikpapan, Tempat Wisata Hits dan Wajib Dikunjungi

batu dinding balikpapan

Pernahkah Anda menikmati pemandangan matahari terbit dari Batu Dinding Balikpapan? Jika belum tak usah gusar karena memang Batu Dinding ini masih menjadi obyek wisata  baru di kawasan Balikpapan. Lokasinya terpendam jauh di pedalaman rimba Borneo, Kalimantan Timur sehingga masih belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata alam yang menakjubkan ini. baru setelah mulai dikenal luas lewat media sosial dan ulasan tempat wisata baru di berbagai laman membuatnya semakin sering disambangi wisatawan.

Anda yang butuh rekomendasi tempat wisata baru bisa mencoba mampir kesini, karena dijamin akan menyukainya. Sebab tempat wisata bertajuk Batu Dinding ini disebut-sebut sebagai wisata alam yang penampakanya mirip dengan Tembok Besar China yang masuk tujuh keajaiban dunia. Tak mengherankan jika menyebutnya sebagai replika dari Tembok China karena memang super mirip, sehingga jangan sampai terlupa untuk mampir kesini dan membuktikan kabar tersebut.

Rute Perjalanan Menuju Batu Dinding

Untuk sampai ke lokasi Batu Dinding BalikpapanAnda musti tahu rutenya dulu, dan bisa ditempuh melalui pusat kota Balikpapan. Letak dari obyek wisata ini berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Mencapai alamat tersebut Anda bisa memulainya dengan menyusuri sepanjang Jl. Soekarno Hatta di pusat kota Balikpapan.

Baca Juga:  Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Kemudian setelah sampai di kilometer 45 nantinya akan menjumpai sebuah gapura di sebelah kiri jalan. Gapura inilah yang akan menjadi penunjuk jalan menuju ke Batu Dinding, jadi tinggal ikuti jalan setelah gapura tersebut.

Jarak yang musti ditempuh usai melewati gapura tadi masih sekitar 8 kilometer untuk sampai tepat di depan Batu Dinding. Nantinya selepas gapura masih ada jalanan kecil yang tertutup oleh aspal hanya saja akan bertahan sepanjang 2 kilometer saja, sisanya adalah jalanan yang masih tertutup bebatuan.

Maka lebih dianjurkan datang kesini naik motor atau jika memilih menyewa mobil pastikan nyaman untuk jalanan offroad karena perlu menempuh jalanan berbatu sepanjang 6 kilometer. Agar tak bingung silahkan menyewa mobil MVP dengan roda besar, dijamin tetap nyaman sampai ke lokasi.

Keindahan yang Ditawarkan Batu Dinding

Kepopuleran obyek wisata Batu Dinding Balikpapanmemang masih hangat karena baru ramai dikunjungi wisatawan sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi ini memberikan banyak perubahan besar pada masyarakat setempat yang memang notabenenya punya mata pencaharian sebagai petani atau mengurus perkebunan.

Berkat ramainya obyek wisata satu ini maka beberapa penduduk memilih menjalani profesi baru misalnya menjadi tukang parkir, pedagang di sekitar obyek wisata, dan juga menjadi pemandu wisata.

Baca Juga:  Danau Cermin Balikpapan yang Wajib Anda Singgahi
ramainya batu dinding balikpapan
Ramainya Batu Dinding Balikpapan

Keindahan pemandangan serta penampakan Batu Dinding yang mempesona menjadi magnet bagi wisatawan untuk singgah. Masyarakat setempat mengakui jika saat akhir pekan menjadi puncak kedatangan wisatawan yang mencapai 1000 orang bahkan lebih. Pesona yang disuguhkan Batu Dinding ini adalah bukit yang murni terdiri dari bebatuan yang menjulang tinggi dan membentuk dinding raksasa. Masyarakat setempat bergotong royong mengelola dinding tersebut agar lebih mudah untuk disinggahi siapa saja. maka dibuat rute dan juga pengaman sepanjang rute menuju ke puncak bukit.

Dinding dari bebatuan berwarna putih keabu-abuan ini menjulang tinggi dan membentang sepanjang 500 meter. Sekitar Batu Dinding ini ada hutan belantara yang subur sehingga menyajikan pemandangan hijau yang segar dan memanjakan mata. Sayangnya untuk menikmati keindahan ini Anda diwajibkan hati-hati dan mematuhi instruksi pemandu wisata agar tetap aman. Pasalnya sesampainya di puncak Batu Dinding BalikpapanAnda akan menjumpai jalan setapak yang sempit dan dari bebatuan alami tadi. Sehingga musti tertib dengan para pengunjung lainya agar saling menjaga keselamatan dari resiko terburuk, yakni terperosok ke dasar. Sebab lebar puncak dinding batu ini hanya 5 meter, ditambah beberapa bagian yang mencuat hanya selebar 1 meter saja.

Baca Juga:  Hutan Lindung Sungai Wain, Surga Bagi Pecinta Alam di Balikpapan

Pemberian nama Batu Dinding karena ketika dilihat dari kejauhan bentuk bukit bebatuan curam ini menyerupai dinding. Jika diamati lebih lekat maka akan mendapati pemandangan seperti Tembok China, sehingga tak ayal banyak orang penasaran dengan sensasi yang disajikan obyek wisata baru ini. Hanya saja sampai detik ini pengelolaan tempat indah ini masih belum tersentuh tangan pemerintah. Maka wajib menjaga fokus ketika melintasi puncak dindingnya agar tidak jatuh ke jurang di kedua sisinya. Menariknya masyarakat setempat sudah mengelolanya dengan cukup baik, meski untuk pengaman masih belum memadahi karena memakai tali.

batu dinding balikpapan sunrise
Sunrise di Batu Dinding

Meski lokasinya jauh dari Balikpapan dan fasilitasnya masih belum maksimal namun pengelolaan masyarakat setempat sudah menunjang kegiatan menikmati matahari terbit dari puncaknya. Maka disarankan untuk berkunjung dari sore supaya sampai di lokasi menjelang subuh untuk tidak melewatkan pemandangan indah matahari terbit.

sunset batu dinding balikpapan
Sunset batu dinding balikpapan

Soal kebutuhan makan dan minum tak perlu cemas karena banyak pedagang berjejer sepanjang jalan di obyek wisata ini. Sedangkan untuk biaya masuk ke Batu Dinding Balikpapandijamin murah karena memang masih menjadi obyek wisata baru.