Sunday , 24 February 2019

9 Tempat Wisata Pantai di Banjarmasin yang Sedang Hits Saat ini

9 Tempat Wisata Pantai di Banjarmasin yang Sedang Hits Saat ini – Banjarmasin, sebuah kota besar  dan luas di luar pulau Jawa yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota yang kerap dijuluki sebagai kota seribu sungai ini memiliki bentang alam yang cukup menawan. Tak heran jikalau julukan tersebut melakat padanya sebab kota Banjarmasin memiliki keadaan geografis yang didominasi dengan aliran sungai yang berarus besar dan kecil.

Sebenarnya tak hanya objek wisata bahari atau pantai di Banjarmasin saja yang menarik untuk dikunjungi, sama halnya dengan kota-kota besar lainnya, Banjarmasin juga memiliki objek wisata berupa situs sejarah, tempat nongkrong, pusat perbelanjaan hingga tempat wisata kuliner yang layak untuk dieksplor.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur bernuansa wisata bahari di Banjarmasin, berikut rekomendasi wisata pantai di Banjarmasin yang layak untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Pantai di Banjarmasin yang Sedang Populer Saat ini

1. Pantai Joras

Sama layaknya pantai pada umumnya, di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan indahnya panorama pantai yang luas lengkap dengan deburan ombak tenang serta hamparan pasir putih bersih khas pantai Banjarmasin. Namun, uniknya pada spot wisata pantai di Banjarmasin ini Anda bisa menikmati keelokan Pantai Joras dari atas ketinggian mercusuar.

Meskipun semua wisatawan dibebaskan melihat pesona Pantai Joras dari ketinggian mercusuar, tetapi perlulah Anda menjaga keselamatan, sebab mercusuar ini tidak dilengkapi dengan alat perlindungan atau pengamanan saat menaikinya.

Eksotisme Pantai Joras
Eksotisme Pantai Joras

Bagi yang takut ketinggian, Anda juga bisa bersantai di pinggir Pantai Joras sembari menikmati sejuknya semilir angin serta deburan suara ombak yang menenangkan sambil menyantap beberapa jajanan yang terdapat di warung tepian pantai.

Tempat wisata Pantai Joras ini adalah salah satu destinasi wisata pantai di Banjarmasin yang paling diminati banyak wisatawan, maka tak heran jikalau setiap akhir pekan atau masa liburan tiba banyak wisatawan dari berbagai daerah memadati spot wisata Pantai Joras ini. Untuk menikmati keindahan Pantai Joras Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000 saja perorang serta Rp. 3.000 – Rp. 5.000 untuk biaya parkir kendaraan.

Alamat: Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Koordinat link: https://goo.gl/maps/b2SnDXK2m2w

2. Pantai Jodoh Banjarmasin

Pantai Jodoh atau Taman Siring Sungai Martapura adalah salah satu wisata bahari di Banjarmasin yang populer di kalangan kawula muda. Pantai yang dikalim sebagai wisata keluarga ini termasuk salah satu titik menikmati indahnya senja dan matahari tenggalam favorit masyarakat Banjarmasin.

Tak hanya itu Pantai Jodoh juga kerap dijadikan sebagai tempat hangout atau mangkal beberapa kawula muda dan komunitas-komunitas yang ada di Banjarmasin untuk bertemu sembari menikmati indahnya suasana Pantai Jodoh di sore hari dan menikmati jajanan khas Banjarmasin yang lezat.

pantai jodoh bjm

Untuk menikmati pesona Pantai Jodoh ini Anda tak perlu mengeluarkan biaya retribusi sebab tak ada harga khusus yang dibandrol untuk menikmati wisata bahari di Banjarmasin ini, jadi tak heran jikalau tempat wisata di Banjarmasin ini selalu di penuhi banyak wisatawan setiap harinya.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin

Koordinat link: https://goo.gl/maps/WwEjwrHZnJB2

3. Pulau Birah-Birahan

Pulau Birah-Birah merupakan salah satu wisata bahari di Banjarmasin yang paling banyak dijadikan sebagai tujuan wisata favorit para wisatawan sekaligus tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya di Pulau Birah-Birah ini kita akan disuguhkan dengan tiga zona pantai yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri guna memanjakan mata.

Baca Juga:  Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Belanja Paling Unik di Kalsel

Bagi yang memiliki hobi snorkling sepertinya Anda patut mengunjungi zona pantai yang pertama, sebab zona pantai pertama ini memiliki terumbu karang yang sangat indah lengkap pula dengan air pantai yang jernih dan bening. Namun sayangnya, untuk menikmati aktivitas snokling Anda diharuskan membawa peralatan sendiri sebab belum ada pengelola yang menyewakan peralatan snorkling di dekat zona pantai pertama.

pulau birah birahan
Pulau Birah Birahan, bersih nan menggoda

Selain itu, bagi Anda yang hobi memancing Anda bisa mengunjungi zona pantai kedua Pulau Birah-Birahan ini. Pasalnya zona pantai kedua ini dipenuhi oleh tanaman ganggang lengkap dengan biota laut seperti anak hiu, anak ikan pari dan beberapa ikan kecil lainnya. Jadi bagi Anda yang ingin berenang atau bermain air sepertinya zona pantai kedua di pulau Birah-Birahan ini sangat kurang cocok.

Sedangkan bagi Anda yang tak ingin basah-basahan bermain air, Anda bisa mengunjungi zona pantai ketiga yang berupa pantai tebing batu. Di kawasan tersebut Anda bisa bersantai diatas tebing sembari menikmati indahnya panorama yang disuguhkan lengkap dengan suara deburan ombak dan hembusan angin yang semilir menyapamu.

Meskipun untuk menuju spot wisata ini diperlukan perjalanan yang melelahkan dan panjang, sebab untuk menuju ke Pulau Birah-Birah dan menikmati indahnya tiga zona pantai yang disuguhkan kita harus menempuh perjalanan menyebrangi laut dengan perahu sekitar 8 jam perjalanan.

Untuk menyebranginya kita bisa menyewa perahu yang mampu membawa 25 orang perperahu dengan tarif Rp. 500.000 – Rp. 800.000. Namun jika Anda ingin mengunjungi pulau ini besama-sama dengan para wisatawan lainnya tentunya akan mendapatkan harga yang lebih murah. Walaupun demikian, perjalanan panjang yang akan Anda tempuh sepertinya tak akan membosankan, sebab jika beruntung Anda akan menjumpai sekumpulan lumba-lumba yang berenang bebas di laut lepas sembari menikmati hembusan angin laut khas Banjarmasin.

Alamat: Kabupaten Kotabaru, Banjarmasin.

Link koordinat: https://goo.gl/maps/25tSZPUCNDD2

4. Pantai Sungai Pampan

Pantai Sungai Pampan merupakan sebuah pantai di Banjarmasin yang masih satu garis pantai dengan Pantai Joras, meskipun kedua pantai ini dikelola oleh dua pihak yang berbeda. Sama halnya seperti Pantai Joras, Pantai Sungai Pampan ini juga memiliki panorama yang indah dan luas dilengkapi dengan hamparan pasir pantai yang putih bersihnya serta semilir angin yang menyejukkan.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di spot wisata Pantai Sungai Pampan. Selain bermain air, Anda juga bisa bersantai sembari menikmati sejuknya hembusan angin pantai serta menyantap beberapa suguhan kuliner yang terdapat di pinggir Pantai di Banjarmasin ini.

pantai sungai pampan
Pantai Sungai Pampan, mempesona di pagi hari

Jika Anda ingin menikmati keindahan yang berbeda di Pantai Joras Dan Pantai Sungai Pampan cukuplah Anda parkir kendaraan Anda ke satu tempat saja setelah itu barulah Anda berjalan kaki sebab letak kedua panyai ini tak terlalu jauh dan dapat menghemat pengeluaran saat berlibur. Menikmati indahnya Pesona Sungai Pampan akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5.000 – Rp. 8.000 saja perorang.

Alamat: Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Koordniat link: https://goo.gl/maps/m24mBUfXZd32

Baca Juga:  Pantai Batakan, Perpaduan Wisata Bahari Dengan Pegunungan Yang Indah

5. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan merupakan salah satu pantai di Banjarmasin yang memiliki air laut berwarna biru dengan deburan ombak kecil serta hamparan pasir putih bersih dilengkapi pula dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi berkat deretan pohon kepala yang tumbuh subur di tepi pantai.

Salah satu keunikan dari spot wisata bahari di Banjarmasin ini adalah setiap tahunnya penduduk setempat akan menggelar ritual laut atau biasa disebut dengan Macceratasi atau pesta laut. Ritual yang digelar setiap tahunnya pada bulan april ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur dari hasil laut yang melimpah setiap tahunnya, serta mohon perlindungan bagi para nelayan yang pergi melaut.

Pesta laut ini selalu di tandai dengan melabuh sesaji yang sudah diberi mantra ke tengah laut serta diiringi dengan beberapa pertunjukan lengkap dengan musiik dan tarian daerah yang mengiringinya.

Pantai Pagatan, Sejuk
Pantai Pagatan, Sejuk

Nah, jadi bagi Anda yang ingin melihat secara langsung prosesi ritual yang diadakan masyarakat setempat di Pantai Pagatan silahkan berkunjung pada bulan April. Biasanya pada bulan April banyak wisatawan yang memadati lokasi wisata pantai di Banjarmasin ini untuk sekedar menyaksikan langsung ritual masyarakat setempat sembari menikmati suasana Pantai Pagatan.

Alamat: Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimatan Selatan

Koordinat link: https://goo.gl/maps/rUSFZ4BboFr

6. Pantai Gedambaan

Pantai Sarang Tiung atau lebih akrab dengan julukan Pantai Gedambaan ini memiliki keunikan yang dapat menimbulkan pesona indah mempesona bagi wisatawan dengan suguhan pesona alam yang sangat menakjubkan lengkap dengan suasana yang sejuk berkat angin angin sepoi-sepoi dan deretan pepohonan yang tumbuh subur di pinggir pantai. Pantai yang populer dengan hamparan pasir putih bersihnya ini memiliki luas mencapi 1 KM yang mampu menghipnotis setiap wisatawan dengan keindahannya.

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di spot wisata bahari di Banjarmasin ini seperti berenang atau bermain air, namun jika Anda tak ingin basah-basahan Anda bisa menikmati indahnya Pantai Gedambaan di pinggir pantai sembari menikmati beberapa fasilitas yang disuguhkan oleh pengelola. Mulai dari deretan resort serta warung makan yang menjajakan makajan khas Banjarmasin, cottage, tempat parkir yang luas serta masjid.

pantai gedambaan sarang tiung
Pantai Gedambaan Sarang Tiung

Tak hanya itu tempat wisata di Pantai Gedambaaan ini juga dilengkapi dengan kolam renang air tawar serta playground untuk anak-anak dengan wahana permainan cukup lengkap. Jika Anda pecinta alam dan memiliki hobi berkemah, tempat wisata pantai di Banjarmasin ini juga menyediakan area camping ground yang bisa jadikan tempat berkemah dengan view yang sangat eksotis.

Meskipun untuk menikmati suguhan ini harus menempuh perjalanan cukup jauh yaitu sekitar 14 KM dari pusat kota Banjarmasin, namun sesampainya di Pantai Gedambaan rasa lelah serasa hilang berkat panorama alam yang disuguhkan.

Alamat: Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabuapten Kota Baru, Kalimantan Selatan

Koordinat link: https://goo.gl/maps/Z1FCzzef1aT2

7. Pantai Angsana

Pantai Angsana atau yang sering disebut dengan Bunakennya Tanah Bumbu ini merupakan salah satu wisata baharai terbaru di Banjarmasin yang sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan resmi dikelola sebagai objek wisata pantai di Banjarmasin terbaru. Sama seperti keindahan pantai pada umumnya, Pantai Angsara juga di memiliki panorama keindahan laut yang eksotis dengan deburan ombak khasnya.

Baca Juga:  Candi Agung Amuntai, Kerajaan Hindu yang Masih Terkoneksi Alam Ghaib

Salah satu daya tarik di Pantai Angsara adalah memiliki pesona alam bawah laut yang sangat indah dan menawan, tak heran jikalau Pantai Angsara salah satu spot pantai di Banjarmasin yang paling terbaik dan kerap dijadikan sebagai tujuan snorkling para wisatawan. Primadona para pecinta snorkling ini memiliki jutaan terumbu karang yang masih utuh dan indah dilengkapi pula dengan biota laut serta berbagai jenis ikan-ikan kecil.

Pantai Angsana, Spot Indah Berburu Sunset
Pantai Angsana, Spot Indah Berburu Sunset

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama orang-orang terkasih di objek wisata bahari di Banjarmasin ini seperti bermain air atau sekedar bersantai sembari berswafoto di Pantai Angsara ini sebab lokasinya sudah didesain sangat fotogenik sekali dan layak untuk diabadikan.

Setiap masa liburan atau akhir pekan tiba objek wisata Pantai Ansara ini selalu ramai dipenuhi wisatawan lokal yang menghabiskan waktu liburannya bersama orang-orang terkasih.

Alamat: Kecamatan Angsara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Koordinat link: https://goo.gl/maps/SRyDkqnVm7R2

8. Pantai Asmara

Pantai Asam Asam muara atau pantai Asmara ini merupakan salah satu spot wisata pantai terbaru di Banjarmasin yang memiliki keindahan layak untuk dieksplor. Di kawasan wisata ini kita akan disuguhkan dengan keindahan panorama laut lepasnya yang luas serta hamparan pasir putih bersih lengkap dengan semilir angin sejuk berkat deretan pepohoanan yang tumbuh rindang ditepi pantai membuat enggan untuk meninggalkan spot wisata terbaru di Banjarmasin ini.

Pantai yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang menarik seperti area parkir yang luas, deretan gazebo, serta beberapa resort yang menjajakan berbagai sajian hidangan yang menggugah selera hingga beberapa spot foto yang menarik guna berswafoto seperti gembok cinta.

Meskipun untuk menikmati keindahan serta fasilitas yang disuguhkan Anda harus menempuh perjalanan panjang sekitar 115 KM dari pusat kota Banjarmasin atau sekitar 2,5 jam perjalanan, namun sesampainya disana rasa lelah perjalanan Anda akan lunas terbayarkan dengan keelokan Pantai Asmara.

Pantai Asmara Kalsel
Pantai Asmara

Alamat: Desa Muara Asem-asem, Kecamatan Jorong, Tanah Laut, Kalimantan Timur

Koordinat link: https://goo.gl/maps/j8Z5uxhJWno

9. Pantai Takisung

Pantai Takisung adalah salah satu objek wisata pantai di Banjarmasin yang paling populer berkat panorama alam yang disuguhkan. Di kawasan wisata Pantai Takisang yang menjadi icon kota Pelaihari ini menawarkan luasnya pantai lengkap dengan hamparan pasir putih bersihnya serta ditemani dengan semilir angin yang sejuk berkat deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi, tentunya membuat betah berlama-lama di spot wisata Pantai Takisung ini.

Pantai Asmara Kalsel
Pantai Takisung, Keren

Meskipun lokasi pantai ini lumayan jauh dari pusat kota Banjarmasin yaitu berjarak 87 KM namun sesampainya di kawasan wisata ini Anda tak hanya bisa menikmati indahnya pantai saja namun juga dapat menikmati beberapa fasilitas menarik seperti beberapa wahana air guna menguji adrenalin Anda.

Alamat: Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Koordinat link: https://goo.gl/maps/mHof73XwdQo

Nah itulah mengenai tempat wisata pantai di Banjarmasin yang bisa jadikan referensi tujuan berwisata saat melancong ke Banjarmasin. Agar liburanmu semakin seru jangan lupa untuk selalu mengabadikan setiap momen di beberapa spot foto terbaik wisata tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.