Sunday , 24 February 2019

7 Tempat Wisata Di Tanjung Selor Paling Menarik

gunung rian kaltara

7 Tempat Wisata Di Tanjung Selor Paling Menarik – Pernah dengar nama Tanjung Selor? Tanjung Selor merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan, yang juga merupakan ibukota Kalimantan Utara. Secara administratif status dari Tanjung Selor saat ini memang masih Kecamatan, dan mungkin tidak lama lagi akan dinaikan menjadi Kota Madya.

Tanjung Selor memiliki luas wilayah 1.277,81 Km², dengan jumlah penduduk 42.231 menurut data sensus tahun 2012. Jika kamu mempunyai rencana untuk explore Tanjung Selor atau bahkan kamu sedang berada di Tanjung Selor, berikut ini 7 tempat wisata paling menarik yang ada di Tanjung Selor dan sekitarnya. Tempat wisata di Tanjung Selor memiliki karakteristik pegunungan dan taman seperti air terjun, sungai dan juga taman bermain.

7 Tempat Wisata Terbaik Di Tanjung Selor, Kalimantan Utara

Gunung Rian

Gunung Rian merupakan pilihan tempat wisata terbaik di Tanjung Selor Kalimantan Utara. Disini Anda dapat menikmati keindahan pegunungan, dan Anda bisa mengunjungi sebuah objek wisata berupa Air Terjun dengan ketinggian sekitar± 90 M. Lokasi Gunung Rian sendiri berada di wilayah Kecamatan Sesayap, yang tak jauh dari Tanjung Selor.

gunung rian kaltara

Kamu bisa berkunjung ke Gunung Rian jika sedang berkunjung ke Tanjung Selor dan menikmati keindahan pegunungan dan air terjun yang masih alami.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

Air Terjun Kilometer 18

Air terjun Kilometer 18 merupakan tempat wisata terbaik di Tanjung Selor Kalimantan Utara yang menawarkan pemandangan alam sangat menarik. Anda akan menemukan tiga buah air terjun yang letaknya bertingkat dengan ketinggian 10 M, 1,5 M dan 3,5 M. Di sekitar lokasi air terjun, panorama alamnya masih asli dan terjaga, sehingga sangat cocok sekali bagi Anda yang mencari suasana tenang dan sejuk di Tanjung Selor.

air terjun km 18

Air Terjun Kilometer 18 Tanjung Selor ini berada di Jl. Poros Bulungan – Berau, tepatnya di kilometer 18, sehingga  objek wisata ini dinamakan Air Terjun Kilometer 18.

Sungai Kayan

Jika Anda menginginkan wisata petualangan selama di Tanjung Selor, maka Anda dapat bermain di Sungai Kayan yang sangat menantang. Sungai Kayan memiliki panjang 650 Km dan merupakan sungai terpanjang kedua yang ada di Kalimantan.

sunset di sungai kayan

Anda dapat menemukan flora dan fauna khas kalimantan yang hidup di sekitar sungai ini dan kamu dapat menyewa speed boat untuk mengarungi derasnya arus Sungai Kayan. Adapun hal lain yang sangat mempesona dari Sungai Kayan adalah sunset yang begitu indah di aliran Sungai Kayan Tanjung Selor.

Baca Juga:  Pulau Manimbora, Pulau Spongebob yang Sedang Hits

Air Terjun Long Pin

Air Terjun Long Pin adalah keindahan lain yang bisa kamu temukan di Tanjung Selor Kalimantan Utara. Objek wisata ini tergolong masih alami, yang menawarkan panorama alam yang tenang dan juga asri. Di sekitar lokasi Air Terjun Anda dapat menemukan bebatuan alami dan juga hijaunya pepohonan yang menghiasi air terjun ini.

Selalu jaga kebersihan jika Anda berkunjung ke Air Terjun Long Pin ya agar tempat wisata ini tetap asri dan lestari.

Gunung Putih

Gunung Putih adalah alternatif tempat wisata Tanjung Selor Kalimantan Utara yang menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan dihiasi batu kapur yang sangat indah. Disini Anda juga dapat menemukan goa burung yang konon dulunya digunakan oleh Sultan – Sultan Bulungan untuk bertapa. Mistis juga ya..

gunung putih kaltara

Air Panas Sajau

Setelah lelah berkunjung ke air terjun dan mendaki Gunung Rian dan Gunung Putih, ada baiknya Anda melepas lelah dengan berendam air panas Sajau. Air Panas Sajau merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Tanjung Selor. Disini Anda akan menemukan sumber air panas yang berasal dari Panas Bumi.

Baca Juga:  Tempat Nongkrong di Berau yang Wajib Kamu Kunjungi Terbaru

Air Panas Sajau ini mirip dengan sumber air panas di tempat lainnya seperti Kawah Sikidang atau Pemandian Air Hangat di Kalianget. Yang menarik Anda dapat merebus telur dengan menggunakan air yang ada di Air Panas Sajau. Lokasi air panas ini hanya berjarak 20 menit perjalanan dari kota Tanjung Selor.

air panas sajau

Selimau Park

Jika Anda ingin menikmati waktu bersama keluarga selama di Kalimantan Utara, maka Anda bisa berkunjung ke Selimau Park.

Selimau Park

Selimau Park menawarkan banyak wahana permainan air yang dapat Anda nikmati. Lokasi Selimau Park di Tanjung Selor ini berada di Desa Selimau, Kec. Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Selimau Park jelas bisa menjadi alternatif tempat kunjungan Anda selama berada di Kalimantan Utara. Kamu bisa mengikuti koordinat GPS ini untuk berkunjung ke Selimau Park.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Tanjung Selor? Luangkan waktu Anda untuk menghabiskan tenaga menikmati indahnya Ibu Kota Kalimantan Utara ini. Semoga bermanfaat, ya!