Monday , 25 February 2019

7 Kuliner Tulungagung Yang Wajib Kamu Rasakan

kuliner tulungagung

Berkunjung ke Tulungagung tak akan terasa nikmat tanpa menikmati wisata kulinernya. Ada banyak kuliner khas Tulungagung yang memiliki citarasa khas dan berbeda dari daerah lain di Pulau Jawa.

Berikut ini kami akan memberikan daftar rekomendasi kuliner Tulungagung yang harus kamu nikmati. Penasaran dengan apa saja kuliner yang menggugah selera di Tulungagung?

Sate dan Gule Kambing

Sate dan Gule Kambing

Sate dan Gule Kambing

Olahan daging kambing yang populer di Tulungagung adalah Sate dan Gulai Kambing, berbeda dengan Tongseng yang sering kamu jumpai di Jogja dan sekitarnya.

Sate Kambing Tulungagung secara penampilan tak berbeda jauh dari sate-sate lainnya. Sate ini terdiri dari sate kambing biasa, akan tetapi bumbu yang di gunakan lebih meresap ke daging sehingga lebik gurih. Yang menjadikan khas adalah pada saat proses pembakarannya, sate kambing Tulungagung di beri bumbu gulai. Lokasi yang jadi rekomendasi adalah Warung sate kambing yang ada di alun-alun kota.

Nasi Lodho Tulungagung

Nasi Lodho Tulungagung

Nasi Lodho Tulungagung

Lodho ayam tak hanya terkenal milik Trenggalek saja lho. Menu kuliner ini merupakan menu yang sajiannya hampir sama dengan opor ayam. Namun, yang membedakannya adalah sebelum disajikan ayam dipanggang terlebih dahulu sehingga aromanya enak dan juga lezat.

Baca Juga:  Telaga Ngambal, Wisata Baru Tulungagung

Menu ini biasanya di sajikan dengan di temani lontong, ketupat atau pun nasi putih. Lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di Jalan Semeru Tulungagung.

Jenang Grendol

Jenang Grendol

Jenang Grendol

Jenang Grendol ini di buat dengan menggunkan tepung kanji. Jenang ini biasanya disajikan dengan ditemani jenang baning dan di buat dari tepung beras dan juga disiram dengan menggunakan kuah santan.

Perpaduan rasa manis dan juga gurih akan menggoyang lidah kamu. Kamu bisa menemukan Jenang Grendol di pasar-pasar tradisional di Tulungagung. Murah tapi ngenakin nih!

Sompil

Sompil

Sompil

Sudah kenal dengan menu makanan Sompil ini? Yap, menu selanjutnya adalah sompil. Menu ini merupakan makanan yang terdiri dari irisan lontong dan juga di tambahi dengan lotho. Untuk menjadikan semakin nikmat, maka menu ini diberi toping bubuk kedelai. Menu makan ini dominan dengan rasa yang pedas namun membuat ketagihan. Lokasinya ada di depan GOR Tulungagung.

Jenang Syabun

Jenang Syabun

Jenang Syabun

Nah kuliner yang lainnya adalah jenang syabun. Jenang ini merupakan makanan yang sering dijadikan sebagai oleh oleh khas tulungagung. Jenang ini terbuat dari beras ketan. Rasanya manis dan juga legit, teksturnya sangat lembut dan juga tanpa menggunakan bahan pengawet. Lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di Desa Botoran, Tulungagung.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Tulungagung

Ayam Goreng

ayam goreng

ayam goreng

Ayam Goreng mungkin bisa kamu temukan di mana saja, namun Ayam Goreng Tulungagung ini mempunyai ciri khas yang tetap wajib kamu cicipi.

Nah jika kamu ingin nongkrong di cafe dengan makanan yang enak, maka kamu bisa datang ke warung AG One. Di sini ada ayam goreng yang di masak dengan bumbu yang lezat dan juga dengan rasa yang mantap. Sambal yang disajikan pun tidak kalah mantapnya loh. Lokasinya ada di jalan MT Haryono no. 77B Kabupaten Tulungagung

kepiting Sambal Ijo

kepiting sambal ijo

kepiting sambal ijo

Menu makanan yang terakhir yang dapat menggoyang lidah dan juga dapat membuat ketagihan adalah kepiting sambal ijo ini. Kepiting ini dimasak dendan menggunakan bumbu rahasia yang menjadikan rasanya tidak ada tandingannya. Kepiting yang digunakan pun merupakan kepiting yang segar dan juga berukuran besar sehingga dapat memuaskan dan juga mengenyangkan perut anda yang sedang lapar. Lokasi yang tepat untuk menikmati kepiting sambal ijo yang enak dan maknyus ini adalah yang ada di jalan MT Haryono no. 77B kabupaten Tulungagung.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Tulungagung

Jadi gimana, sudah dapat rekomendasi kuliner di Tulungagung kan? Selamat berlibur dan menikmati sajian khas Tulungagung ya gaes!