Saturday , 15 December 2018

4 Wisata Bahari di Kecamatan Biduk-Biduk, Surga Tersembunyi di Berau

Pantai Biduk-Biduk Berau
Pantai Biduk-Biduk Berau

Biduk-Biduk, sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Berau Kalimantan Timur yang populer dengan keindahan wisata bahari yang beraneka ragam, mulai dari teluk hingga pantai yang sayang untuk dilewatkan. Kecamatan Biduk-Biduk mungkin termasuk salah satu kawasan wisata yang kurang familiar ditelinga masyarakat umum, daripada objek wisata lainnya seperti Kepulauan Derawan dan Teluk Sulaiman yang notabene terletak di kawasan yang sama.

Tapi meski kecamatan biduk-biduk ini kurang populer, namun berkat namanya yang unik dan nyentrik setiap tahunnya Kecamatan Biduk-Biduk ini selalu mengalami peningkatan pengunjung baik itu lokal hingga mancanegara yang ingin menikmati secara langsung surga yang tersembunyi di pulau Kalimantan Timur ini. Berikut adalah beberapa wisata bahari di Biduk-Biduk yang bisa Anda sambangi bersama orang-orang terkasih untuk menghabiskan masa liburan akhir pekan.

Objek Wisata Bahari di Kecamatan Biduk-Biduk Paling Hits

Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman adalah salah satu objek wisata yang juga dijadikan sebagai dermaga akses menuju ke Kepulauan Derawan dan beberapa pulau di Kecamatan Biduk-Biduk lainnya. Di Teluk Sulaiman Anda akan disuguhkan dengan hamparan lautnya yang luas dengan pasir putih bersihnya lengkap dengan suasana yang sejuk berkat angin yang semilir membuat enggan untuk meninggalkan objek wisata Teluk Sulaiman ini.

Indahnya Teluk Sulaiman
Indahnya Teluk Sulaiman

Uniknya, di Teluk Sulaiman ini kita akan merasakan kearifan lokal yang masih sangat kental dilakukan oleh masyarakat sekitar, sebab di kawasan wisata teluk ini masih banyak berdiri deretan pemukiman yang padat penduduk. Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi fotografi silahkan mencoba berswafoto di beberapa spot menarik Teluk Sulaiman denan latar belakang deretan hutan mangrove yang seakan memagari Teluk Sulaiman ini

Pulau Kaniungan Kecil dan Besar

Untuk mengunjungi pulau Kaniungan ini Anda bisa menyebrangi laut menggunakan perahu yang dimotori oleh masyarakat setempat dari Teluk Sulaiman dengan tarif Rp. 400.000 – Rp. 500.000 sekali jalan. Salah satu daya tarik yang disuguhkan di Pulau Kaniungan ini adalah panorama bawah lautnya yang sangat eksotis lengkap dengan terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik serta biota laut yang cukup lengkap dan menggemaskan.

Baca Juga:  Pulau Kaniungan, Keelokan Tersembunyi di Ujung Selatan Berau
Rayuan Pulau Kaniungan
Rayuan Pulau Kaniungan

Tak ketingalan juga bisa bersantai di hamparan pasir putih bersih yang dimiliki Pulau Kaniungan sembari menikmati angin yang semilir khas Pulau Kaniungan berkat ribuan pohon kelapa yang tumbuh subur karena adanya pertukaran budaya dari pulau Sulawesi ini. Viewnya yang menarik maka tak jarang jikalau setiap tahunnya tempat wisata Pulau Kaniungan ini selalu disesaki wisatawan dari penjuru dunia untuk menhabiskan masa liburannya bersama keluarga.

Labuan Cermin

Labuan Cermin termasuk salah satu spot wisata bahari di Kecamatan Biduk-Biduk yang paling populer hingga ke mancanegara. Tak heran jikalau setiap akhir pekan atau masa liburan tiba selalu dipadati pengunjung untuk menikmati suguhan yang ditawarkan oleh Labuan Cermin ini. Pasalnya di kawasan wisata bahari Kecamatan Biduk-Biduk, Labuan cermin ini akan disuguhkan dengan keunikan danau dengan dua rasa air bila Anda mengecapnya yaitu tawar dan asin.

Labuan Cermin
Labuan Cermin, Bening, ya?

Hal ini disebabkan karena airnya mengandung lapisan yang dapat memantulkan cahaya matahari sehingga Anda tak perlu diving atau snokling untuk menikmati keindahan danau yang memiliki kedalaman 4 hingga 5 meter ini, sebab dengan mata telanjangpun sudah bisa melihat dasar danau yang berupa pasir laut ini. Nah dari situlah maka Labuan cermin ini kerap dijuluki sebagai Danau Dua Rasa.

Pantai Biduk-Biduk

Tak kalah populer dengan objek wisata bahari Biduk-Biduk tersohor lainnya, sebab Pantai Biduk-Biduk ini juga menjadi spot wisata bahari yang sering menjadi tujuan para wisatawan bila berkunjung ke Kabupaten Berau. Selain disuguhkan dengan hamparan lautnya yang luas dan tenang sembari menikmati sejuknya udara berkat deretan pohon kelapa yang melambai-lambai.

Baca Juga:  Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur
Pantai Biduk-Biduk Berau
Pantai Biduk-Biduk Berau

Objek wisata Pantai Biduk-Biduk ini juga tergolong kawasan wisata yang sepi sehingga bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk keramaian kota dan aktivitas sehari-hari, silahkan mencoba menyambangi favorit Biduk-Biduk ini.

Saat senja tiba objek wisata ini selalu dipenuhi masyarakat sekitar guna menikmati keajaiban matahari tenggelam dari titik spot terbaik Pantai Biduk-Biduk. Bagi Anda pecinta alam dan ingin langsung merasakan bercengkrama dengan alam, maka bisa mendirikan tenda untuk tempat berkemah menghabiskan malam dengan suguhan pantai Biduk-Biduk ini.

Akses Menuju Lokasi Wisata Bahari Biduk-Biduk

Bagi yang tertarik dengan suguhan wisata bahari di Kecamatan Biduk-Biduk yang sangat menawan ini, akses yang harus ditempuh cukup panjang dan melelahkan. Untuk menyambanginya Anda bisa menggunakan pesawat terbang dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman menuju Banjar Kalimaru Tanjung Redeb yang berada di kabupaten Berau, sebab penggunaan transportasi udara selain cepat, juga dirasa salah satu alternatif kendaraan yang paling nyaman untuk menuju Kecamatan Biduk-Biduk.

Perjalanan panjang Anda tak cukup sampai disini sebab harus melanjutkan perjalanan darat lagi dengan menyewa kendaraan darat dengan tarif Rp. 750.000 untuk sekali jalan, selama kurang lebih 3 sampai 4 jam perjalanan. Perjalanan darat memang cukup panjang dan lama sebab jarak antara Tanjung Redeb menuju Kecamatan Biduk-Biduk memiliki jarak sekitar 250 KM, dengan medan yang terjal dan melewati jalan tengah perkebunan kelapa sawit.

Meskipun akses jalan darat yang harus Anda lalui cukup lebar, namun Anda harus tetap berhati-hati sebab di beberapa titik ada beberapa lubang yang menjebak. Tetapi tenang saja, tak semua perjalanan akan melewati jalan yang terjal, Anda juga akan melewati medan yang lancar dengan aspal halus dan tak berlubang lengkap dengan view deretan pohon kelapa di tepi jalan yang melambai-lambai dengan rindangnya hingga masuk ke kecamatan Biduk-Biduk.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

Beberapa fasilitas pun menyambut kehadiran Anda seperti tempat penginapan dan deretan kedai hingga resort makanan yang berderet rapi untuk menyempurnakan liburan. Nah, tentunya bagi Anda yang berasal dari luar kota keberadaan tempat penginapan cukup membantu untuk melepas rasa lelah dan beristirahat, namun Anda tak perlu khawatir sebab di sekitar spot wisata bahari di Kecamatan Biduk-Biduk ini sudah berdiri beberapa penginapan lengkap dengan fasilitas mumpuni serta view yang langsung menghadap ke lautan lepas.

Biasanya penginapan di sekitar wisata dipatok dengan tarif Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 permalamnya. Selain itu, bagi yang gemar berwisata kuliner dan mencari kedai atau resort dengan masakan unik khas Kalimantan Timur, sepertinya Anda berkunjung di kawasan wisata yang tepat. Di kawasan wisata bahari di Kecamatan Biduk-Biduk ini sudah banyak dilengkapi dengan kedai hingga resort dengan berbagai jenis olahan masakan yang dijamin mampu menggoyang lidah dengan citarasa khas yang disuguhkan.

Itulah ulasan mengenai beberapa objek wisata bahari di Biduk-Biduk yang bisa Anda sambangi jikalau berlibur bersama keluarga tercinta. Dengan suguhan yang menawan, tentunya setiap destinasi wisata bahari di Kecamatan Biduk-Biduk akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Selamat menikmati waktu liburan Anda dan semoga info singkat diatas menambah wawasan. Salam.