Saturday , 15 December 2018

4 Tempat Pemancingan di Balikpapan Terbaru yang Banyak Maskot Ikannya

pemancingan az zahra balikpapan
Pemancingan Az Zahra Balikpapan

Tempat Pemancingan di Balikpapan Terbaru – Memancing merupakan salah satu hobi yang membutuhkan kesabaran yang luar biasa, pasalnya kita harus mau menunggu sampai umpan pada kail pancing dimakan oleh ikan dalam rentang waktu yang tak sebentar. Meskipun demikian, banyak sekali orang yang menggemari hobi memancing ini. Selain dapat merefresh otak, dengan melakukan kegiatan memancing dapat menghilangkan stres sejenak dari rumitnya aktivitas pekerjaan maupun beban hidup.

Nah, tak sedikit orang mencari spot memancing yang dengan lokasi yang nyaman, mulai dari sungai, laut hingga tempat pemancinganpun pastilah tak luput untuk dikunjungi bagi para pemancing mania. Meskipun demikian tentunya dalam melakukan hobi Anda wajiblah untuk mengutamakan keselamatan diri sendiri.

Bagi yang berdomisili di Balikpapan, terdapat banyak tempat pemancingan yang bisa Anda coba untuk menyalurkan hasrat dan hobi memancing Anda. Namun tim Hobiholiday akan merangkumkan beberapa lokasi pemancingan di Balikpapan yang paling populer dengan ikan-ikan yang cukup besar tentunya. Penasaran kan?

Lokasi Pemancingan di Balikpapan

Jika hobi memancing dan sedang mencari tempat mancing dengan suasana yang baru untuk menyalurkan hobi, kini tempat pemancingan di Balikpapan sudah semakin menjamur dengan berbagai fasilitas lain yang menunjang hobi Anda. Mulai dari kolam pemancingan yang baru saja beroperasi selama 2 tahun, tetapi ada juga beberapa lokasi pemancingan yang sudah beroperasi sejak 10 tahun silam. Nah, berikut ulasannya untuk Anda yang hobi mancing ikan.

1. Tempat Pemancingan Az-Zahra

Az-Zahra merupakan sebuah pemancingan di Balikpapan yang didesain senyaman mungkin untuk melancarkan aktivitas memancing Anda. Tempat pemancingan yang dibangun pada tahun 2011 ini mulai beroperasi sejak tahun 2014 silam. Hingga saat ini yang berdiri di tanah seluas 2 hektar lengkap dengan kolam pemancingan besar dengan jumlah delapan kolam pemancingan, yang mana setiap kolam terdapat jenis ikan yang berbeda-beda. Mulai dari ikan mas, ikan patin, ikan bawal, ikan lele dan beberapa jenis ikan lainnya di budidayakan di lokasi pemancingan Az-Zahra ini. Semua orang bebas memancing di kolam yang sudah disediakan pengelola tanpa harus membayar tiket masuk, namun Anda akan dikenakan biaya berdasarkan ikan yang dipancing.

Baca Juga:  Bukit Bangkirai Balikpapan: Rute, Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket
pemancingan az zahra balikpapan
Pemancingan Az Zahra Balikpapan

Salah satu daya tarik tempat pemancingan Balikpapan ini adalah adanya fasilitas-fasilitas yang menarik seperti mushola, beberapa bangunan cottage yang dapat disewa dengan tarif permalamnya Rp. 250.000 yang di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas menarik seperti TV, AC, kamar mandi dalam, tempat tidur empuk dll. Tak hanya itu, pemancingan di Balikpapan ini juga dilengkapi dengan playground, deretan café dan restoran yang menyajikan berbagai macam pilihan menu hingga tersedianya lahan parkir yang luas dengan daya tampung hingga 50 mobil.

Nah, pemancingan ini tak hanya dijadikan sebagi tempat pemancingan saja, namun bagi yang berniat menyelenggarakan acara seperti pengajian, family day hingga gathering dapat menyewa tempat pemancingan Az-Zahra ini dengan tarif perharinya Rp. 2.000.000, tanpa ada pengunjung umum yang memasuki acara.

2. Tempat Pemancingan Donald Sitorus Center (DSC)

Salah satu pemancingan di Balikpapan yang terletak di kawasan kilometer 25 ini merupakan satu-satunya tempat pemancingan yang tak mematok tarif apapun bagi para pengunjung jikalau ingin memuaskan hasrat memancingnya di lokasi pemancingan DSC ini. Tetapi hanya dikenakan biaya berdasarkan jumlah ikan yang dipancing saja. Pemancingan Balikpapan yang dibuka pada hari sabtu dan minggu ini kerap dijadikan sebagai tempat family day dan gethering dari beberapa komunitas mancing untuk menjalin silahturahmi.

Lokasi Pemancingan DSC Balikpapan
Lokasi Pemancingan DSC Balikpapan

Bahkan terkadang tak jarang di kawasan pemancingan ini juga kerap diadakan sebuah lomba untuk memancing 5 ikan patin yang sengaja disebar oleh pengelola, jika dalam kurun waktu yang ditentukan salah satu ikan patin terikat oleh kail Anda maka akan memperoleh hadiah yang menarik oleh pengelola. Tak hanya itu pada awal pertama kali rilis pengelola tak hanya menggratiskan tarif masuk bagi para pemancing mania tetapi juga menggratiskan hasil tangkapan yang mereka peroleh untuk dibawa pulang selama 1 tahun lamanya.

Baca Juga:  Keindahan dan Kenikmatan Beach House Balikpapan

3. Kolam Ikan Bandeng Batakan

Sesuai dengan namanya kawasan pemancingan ini hanya menyediakan 4 kolam yang berisikan ikan bandeng dengan satu jenis ikan bandeng yang sama di setiap kolamnya, tetapi hanya saja setiap kolamnya memiliki perbandingan usia selama 3 bulan saja yang dapat digunakan sebagai penanda dan pengingat.

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jalan yang lumayan licin, sebab akses jalan yang harus Anda lalui belum di lengkapi dengan aspal, jadi jikalau mengunjungi kawasan pemancingan di Balikpapan ini pada musim hujan, akses jalanlah yang menjadi kendala utama.

Meskipun demikian, sesampainya di lokasi pemancingan ikan bandeng ini kita akan dibebaskan untuk memancing ikan bandeng sepuasnya tanpa harus membayar tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah ikan bandeng yang Anda tangkap dengan tarif Rp. 18.000 saja setiap kilonya.

Nah, memancing ikan bandeng meskipun berada di dalam kolamnya bukanlah suatu perkara yang mudah, sebab Anda haruslah memilih umpan yang tepat untuk mendapatkan ikan bandeng untuk dibawa pulang. Biasanya banyak pengunjung yang memasang umpan roti basi yang bisa di dapat di pasar dengan harga Rp. 5000 saja setiap karungnya untuk memancing ikan bandeng ini.

4. Kolam Pemancingan Widuri

Kolam pemancingan Widuri termasuk salah satu pemancingan di Balikpapan yang setiap akhir pekan selalu dipenuhi banyak wisatawan mulai dari Samarinda hingga wisatawan dari berbagai daerah lainnya untuk menikmati sensasi memancing ikan air tawar di kolam pemancingan Widuri ini. Meskipun lokasinyana berada di tanjakan yang curam dan membuat beberapa orang kesulitan untuk mencapai kawasan pemancingan ini. Namun lokasi pemancingan ini selalu memberikan daya pikat tersendiri bagi yang mengunjunginya.

Baca Juga:  Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Hijau Kebun Raya Balikpapan
Pemancingan Widuri Balikpapan
Pemancingan Widuri Balikpapan

Nah, di lokasi pemancingan Widuri ini kita tak hanya disediakan 9 kolam ikan air tawar dengan ukuran 40 x 70 meter, 40 x 50 meter dan 60 x 100 meter saja, namun Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di kolam pemancingan Widuri ini mulai dari deretan penginapan lengkap dengan fasilitasnya yang menarik yang di bandrol dengan tarif Rp. 200.000 saja permalamnya, beberapa restoran yang bisa digunakan sebagai tempat makan siang, beberapa gazebo dan playground yang dapat dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak. Tak perlu bersusah payah membawa alat pemancingan dari rumah, terlebih jika lokasi rumah Anda jauh dengan lokasi pemancingan ini, sebab di kolam pemancingan di Balikpapan Widuri ini juga disediakan persewaan alat pemacingan dengan tarif murah mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000 saja.

Hanya dengan membayar Rp. 50.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan umpan untuk memancing jadi tak perlu repot-repot membeli umpan lagi untuk memancing ikan air tawar di kolam pemancinagn Widuri ini. Jangan khawatir, meskipun untuk tiket masuk kawasan pemancingan di Balikpapan ini cukup mahal, tetapi uang yang sudah Anda bayarkan tersebut sisanya akan dikembalikan jikalau Anda tak membawa ikan satupun untuk dibawa pulang. Nah jika Anda berminat silahkan kunjungi Kecamatan Gunung Tambak, Kabupaten Kutai Kartanegara yang letaknya 45 km dari pusat kota Balikpapan.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tempat pemancingan di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi untuk memuaskan hasrat memancing Anda. Namun meskipun kolam pemancingan ini terjaga dengan baik, entah itu dalam segi keamanan dan kebersihannya, maka perlulah Anda untuk selalu memjaga kebersihan lingkungan, serta tak menggunakan umpan yang membahayakan habitat ikan yang berada di kolam tersebut dan jaga selalu keselamatan saat melakukan aktivitas mancing.