Sunday , 24 February 2019

4 Tempat Hunting di Balikpapan yang Begitu Indah

Balikpapan merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Timur yang saat ini tengah berkembang pesat. Berbagai sektor telah berkembang untuk mendorong pembangunan dan kemajuan Balikpapan sendiri. Salah satu sektor yang dikembangkan oleh pemerintah adalah sektor pariwisata. Berbagai tempat hunting di Balikpapan telah banyak tersedia dan menyajikan keindahan alam yang luar biasa.

Tempat hunting di Balikpapan seakan tidak ada habisnya, sebab pemerintah daerah memang tengah mengembangkan pariwisata untuk menarik para wisatawan masuk ke Balikpapan, sehingga bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan Balikpapan ke mata dunia, bahwa Balikpapan memiliki sumber daya alam yang begitu luar biasa.

Kota yang dijuluki dengan Kota Minyak ini memiliki luas wilayah sekitar 503,3 km persegi. Secara geografis, Balikpapan terdiri atas perbukitan dengan wilayah datar yang sangat minim. Meskipun demikian, Kota Minyak ini menyimpan berbagai potensi wisata yang beraneka ragam. Potensi wisata dari Balikapapan di antaranya adalah potensi wisata alam serta wisata budaya dan sejarah.

4 Tempat Hunting di Balikpapan yang Indah dan Cocok untuk Generasi Milenial

Balikpapan telah memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat menarik. Mayoritas remaja atau generasi milenial saat ini memiliki hobi untuk hunting atau berburu spot foto yang menawarkan keindahan alam atau keunikan tertentu. Berikut beberapa tempat hunting di Balikpapan yang sangat cocok bagi generasi milenial:

Baca Juga:  Pulau Maratua, Pesona Kepingan Surga di Kalimantan Timur

1. Tempat Hunting di Balikpapan: Kampung Apung Margasari

Kota Balikpapan, ternyata masih memiliki kampung apung atau perkampungan yang lokasinya berada di atas perairan. Kampung apung Margasari ini terdiri dari rumah-rumah yang dibangun dengan desain yang tinggi, sehingga tidak akan terkena gelombang. Adapun untuk menghubungkan rumah yang satu dengan rumah yang lain, ataupun menghubungkan dengan daratan, dibangun jembatan penghubung dari kayu yang juga didesain tinggi dan kokoh.

Kampung Apung Margasari Balikpapan
Kampung Apung Margasari Balikpapan

Kampung apung Margasari ini menyajikan suasana yang unik, di mana terdapat jalanan dan perumahan yang berada di atas air. Hal ini tentu saja menjadikan Kampung apung Margasari menjadi tempat hunting di Balikpapan yang cukup populer di kalangan generasi milenial.

2. Tempat Hunting di Balikpapan: Hutan Bakau Margomulyo

Tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat hunting foto di Balikpapan lainnya adalah Hutan Bakau Margomulyo. Hutan Bakau Margomulyo merupakan hutan kota yang ada di tengah-tengah Kota Balikpapan. Hal ini menjadikan Hutan Bakau Hargomulyo dengan mudah ditemukan dan dikunjungi sejumlah wisatawan.

Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan
Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan

Di dalam hutan kota ini, disediakan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang digunakan untuk melintas para pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan bakau. Bakau-bakau yang tumbuh subur dan rapat menampilkan suasana hutan yang masih sangat alami. Selain itu, bagi para pengunjung yang ingin melihat kawanan Bekantan, bisa datang ke hutan bakau ini ketika pagi hari atau menjelang matahari terbenam, biasanya Bekantan akan datang ke area ini. Keindahan Hutan Bakau Margomulyo menjadi salah satu tempat hunting di Balikpapan yang menjadi favorit keluarga.

Baca Juga:  Hutan Lindung Sungai Wain, Surga Bagi Pecinta Alam di Balikpapan

3. Tempat Hunting di Balikpapan: Pantai Melawai

Pantai Melawai juga bisa menjadi tempat hunting di Balikpapan yang menyajikan pemandangan pantai yang begitu eksotis. Pantai ini menjadi salah satu destinasi utama para wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan. Hamparan pasir putih dan arinya yang jernih menjadikan Pantai Melawai sangat mempesona.

Terlebih lagi ketika senja, di Pantai Melawai wisatawan dapat menikmati sunset dan berburu foto dengan konsep siluet sore hari. Hal ini menjadikan Pantai Melawai sebagai salah satu tempat hunting di Balikpapan yang paling banyak diincar oleh generasi milenial maupun masyarakat umum yang ingin menikmati sunset.

sunset di pantai melawai
Sunset di Pantai Melawai

Selain itu, di Pantai Melawai juga telah terdapat deretan cafe yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Cafe ini sering digunakan para remaja untuk menikmati makanan dan minuman sembari menikmati sinar senja yang menyinari air laut yang tenang.

4. Tempat Hunting di Balikpapan: Bukit Bangkirai

Tempat hunting di Balikpapan yang tidak kalah mempesona adalah Bukit Bangkirai. Di Bukit Bangkirai ini, pengunjung dapat menikmati suasana hutan yang masih alami dan lebat. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan dari jembatan tali yang telah disediakan oleh pihak pengelola Bukit Bangkirai.

Baca Juga:  Mengetahui Tempat Bersejarah di Balikpapan, Peninggalan Jepang
Jembatan Gantung Bukit Bangkirai
Jembatan Gantung Bukit Bangkirai

Selain itu, Bukit Bangkirai juga bisa menjadi tempat hunting foto di Balikpapan yang cukup unik dengan spot foto di atas rumah pohon yang dihubungkan oleh jembatan-jembatan tali tadi. Keunikan spot foto serta keindahan alam di Bukit Bangkirai ini menjadikan destinasi wisata yang satu ini sebagai sasaran utama para pemburu pemandangan yang indah, yang akan diabadikan melalui hasil karya jepretan kamera.

Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang menyediakan berbagai jenis destinasi wisata yang begitu indah. Berbagai tempat hunting di Balikpapan juga sangat menarik, berbeda dengan daerah lain, serta dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Bagi para hunter view yang indah, berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Balikpapan, Kalimantan Timur, adalah hal yang wajib.