Sunday , 24 February 2019

25 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru yang Harus Anda Kunjungi

pasar terapung lok baintan
Pasar Apung Lok Baintan

25 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru yang Harus Anda Kunjungi! – Banjarbaru adalah salah satu kota terbesar dan cukup penting di Kalimantan, luas wilayah 72 km2, 45 kabupaten dan 49 kecamatan, Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Wilayah kota Banjarmasin berada di antara tiga provinsi yaitu: Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang beberapa tempat hunting terbaik di Banjarbaru yang perlu anda ketahui. Kota Banjarbaru telah ditulis dalam peta dunia sejak empat abad lalu. Selama penjajahan Belanda kota Banjarmasin adalah daerah dengan otonomi dan memiliki wilayah yang representatif. Dan itu terjadi adalah periode penjajahan Jepang.

Selama masa transisi (1945-1949) Banjarmasin menjadi pusat peralihan kekuasaan sejak kemerdekaan memiliki proklamasi. Banjarmasin sekarang sedang mempersiapkan berbagai bidang meliputi: Administrasi, perdagangan, kota pelabuhan, pendidikan dan pariwisata yang cukup populer.

  • Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan kawasan hutan yang nyaman ini cukup banyak dikunjungi oleh orang-orang, terutama penduduk keturunan Cina dengan tujuan untuk mencari berkah. Ribuan monyet jinak dan monyet khas Kalimantan Selatan “Bekatan” bebas tinggal di sini. Wisata ini berada di Cekungan Sungai Barito.

pulau kembang banjarmasin

  • Makam Pangeran Antasari

Pangeran Antasari adalah prajurit nasional yang gigih melawan kolonisasi di Kalimantan Selatan. Lokasi Makam Pangeran Antasari berada di Banjarmasin ini bisa kamu kunjungi sebagai media pembelajaran sejarah sekaligus memberikan penghormatan dan doa atas jasa beliau.

makam pangeran antasari

  • Makam Pangeran Suriansyah

Pangeran Suriansyah yang bernama Pangeran Samudera adalah raja Kekaisaran Banjar yang pertama kali menyebarkan Islam di Kalimantan Selatan, dan dinyatakan sebagai raja Kekaisaran Banjar pada 24 September yang kini diperingati sebagai kota Banjarmasin. P. Suriansyah memerintah antara 1526-1550.

Di sini juga ada makam Sultan Rahmatullah yang berkuasa pada 1550-1570. Lokasinya berada di desa Kuin Utara, kabupaten Banjar Utara.

makam pangeran suriansyah

  • Desa Sasirangan

Mencari souvenir tradisional untuk dibawa pulang? Kampung Sasirangan atau Desa Sasirangan adalah tempat yang tepat untuk pergi. Sasirangan adalah kain tradisional Kalimantan Selatan yang diwarnai dengan teknik tie dye yang unik.

Kisaran harga untuk kain itu sendiri sangat terjangkau, sekitar Rp. 85.000 hingga Rp. 250.000 per meter.

Kampung Sasirangan

Bertujuan untuk menjadikan daerah ini sebagai tujuan perjalanan, pemerintah daerah saat ini sedang merevitalisasi daerah tersebut. Dengan mengecat rumah-rumah di desa dengan warna-warna cerah, area ini sekarang menjadi sangat fotogenik dan cocok untuk semua yang ingin menangkap keindahannya dan mempostingnya di akun Instagram Anda.

  • Pasar Apung

Pasar mengambang yang unik ini, disebabkan oleh transaksi penjualan yang dilakukan di atas kapal. Para pedagang membawa hasil bumi seperti; buah-buahan, sayuran, makanan, dan kerajinan tangan. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 05.00 hingga 09.00 pagi. Lokasinya berada di Sungai Barito.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

pasar terapung lok baintan

  • Kampoeng Tradisional

Bumerang adalah penduduk asli dengan individualitas yang nyata tergantung pada sungai. Lokasinya berada di Kuin, Sei Bilu, Sei Jingah.

Dimana Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru?

  • Lanting House Floating

Di atas rumah-rumah kayu adalah sejenis rakit, yang menyebar dan merayap di sepanjang Sei Martapura dan Barito. Lokasinya ada di Banjarmasin dan pastinya di sisi Sungai Barito.

  • Suaka Margasatwa Pulau Kaget

Di daerah ini dapat dipenuhi panjang hidung monyet Bekantan yang unik, langka dan hanya ada di kalimantan. Mereka hidup bebas di hutan Rambai pohon. Terletak di muara Sungai Barito. Dapat dicapai dengan perahu Klotok dari pusat kota Banjarmasin sekitar 1,5 jam atau 1 jam dengan speedboat.

pulau kaget

  • Sultan Adam Grand Forest Park

Terletak di daerah Karang Intan dan Aranio, 62 km dari kota Banjarmasin. Taman ini dibuka oleh Presiden Soeharto pada tanggal 8 Desember 1989, dengan luas sekitar 106.400 ha.

Di Hutan Besar Adam Sultan ini ada banyak jenis birch, berbagai tanaman dan berbagai jenis anggrek. Juga berbagai jenis binatang seperti babi, rusa, kancil dan berbagai jenis burung. Tidak jauh dari taman ini, ada danau / cekungan PLTA Ir. Pangeran Moch. Noor, yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga listrik.

tahura sultan adam

  • Pagatan

Pagatan adalah kota kecil / desa, sekitar 240 km dari Banjarmasin. Pedesaan adalah daerah pantai yang sangat landai dan pedesaan nelayan. Pantai di Pagatan cukup panjang dengan pasir putih. Pantai ini belum dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya bersih.

Setiap tahun di sepanjang pantai dilakukan pesta laut yang disebut ‘mapparentasi’, yang dilakukan oleh nelayan yang tinggal di pantai ini yang sebagian besar berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Tugu Pahlawan Pagatan

  • Goa Batu Hapu

Di daerah ini kita dapat menemukan gua yang masih asli dan di sekitar hutan belantara. Dari dalam gua kita dapat melihat stalagmit dan stalaktit yang indah yang merupakan kiasan gua dinding dan kita juga mengaku memenuhi gua-gua lain di sekitar area dengan jumlah adalah 20 gua. Situasinya adalah 75 km arah utara Pagatan dan terus berguna dengan kendaraan umum.

Baca Juga:  Pantai Angsana Banjarmasin, ‘Bunakennya’ Kalimantan Selatan

goa batu hapu

  • Taman Wisata PKK Banjar Bungas Agro

Tidak hanya melestarikan pohon lokal dan tanaman lain, Taman Wisata PKK Banjar Bungas Agro adalah tempat yang tepat untuk pergi ke wisata edu keluarga. Mencakup area seluas 1,5 hektar, di sini Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai flora dan fauna, yang sebagian besar hanya dapat ditemukan endemik Kalimantan Selatan.

Berikut adalah anggrek langka dan Bekantan Bekantan yang ikonik. Mengikuti koordinat GPS dengan Google Maps disini untuk menuju taman wisata PKK Banjar Bungas Agro untuk memudahkan anda dalam perjalanan.

taman satwa pkk

  • Basisilaan

Ini adalah area penjualan makanan khas Banjar yang ditempatkan di pasar pusat toko Sudimampir dan makan ‘Lesehan’, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan dan menikmati indahnya kota Banjarmasin dari atas.

  • Kabupaten Banjarbaru

Kabupaten Banjarbaru adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki banyak jenis objek wisata, seperti; Pendulangan Intan Cemara yang memiliki area nampan berlian; Museum Lambung Mangkurat, yang mengumpulkan berbagai macam benda bersejarah, dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru Paling Populer?

  • Pendulangan Intan Cempaka

Menjadi tempat tinggal penghuninya disuntik secara turun-temurun dari hasil penggalian atau baki berlian dengan menggunakan peralatan sederhana. Terletak di desa Cempaka, 10 km dari pusat Banjarbaru, atau 45 menit dengan menggunakan kendaraan umum dari Banjarmasin.

pendulangan intan cempaka tradisional

  • Martapura The Diamont Town

Kota Martapura terletak 40 km dari Banjarmasin. Ini adalah tempat untuk furbishing berlian, baik dengan menggunakan peralatan modern maupun tradisional. Selain itu, Martapura dengan pusat perbelanjaan Martapura Plaza adalah pusat penjualan batu berlian, batu suci dan batu lainnya, berbagai ornamen lainnya dan kerajinan lainnya.

kota martapura

  • Rute Balangian – Kalangan – Gunung Kahung – Bajuin

Gunung Kahung dan lembahnya adalah pilihan tepat untuk memuaskan naluri petualangan bagi siapa saja yang memiliki hobi petualangan. Karena gunung yang sebagian besar areanya adalah hutan lindung, akan memberikan tantangan tersendiri bagi jiwa petualang.

Di lokasi ini kita akan menemukan pemandangan alam tropis dan alam yang indah dengan berbagai jenis bunga dan fauna yang hidup. Bagian ini masih bagian PPA. Terletak sekitar 72 km dari Banjarmasin.

Baca Juga:  Masjid Sultan Suriansyah, Masjid Tua Jejak Penyebaran Islam di Banjar

belangian kahung

  • Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan salah satu kawasan yang paling langka karena memiliki banyak obyek wisata, seperti; Masjid Su’ada, Daerah Loksado yang terletak di gunung Meratus, dan air terjun Haratai, yang merupakan tempat rekreasi yang indah.

  • Kawasan Riam Loksado

Terletak di dataran tinggi gunung Meratus, kabupaten Hulu Sungai Selatan atau 175 km dari kota Banjarmasin. Di Loksado ini ada banyak gua, air terjun dan sungai dengan air bersih. Ini adalah kawasan dengan prosedur kehidupan masyarakat pedalaman, yang masih tradisional dengan rumah adat suku Dayak.

riam hanai loksado

  • Haratai Waterfall

Air Terjun Haratai adalah tempat rekreasi yang indah. Selama musim liburan itu dikunjungi oleh banyak remaja dan keluarga. Terletak 25 km dari desa Kandangan di hulu Sungai Selatan, atau 180 km dari Banjarmasin.

air terjun haratai

  • Masjid Su’ada

Terletak di desa Wasah Hilir, Kecamatan Simpur, Kabupaten Kandangan atau 140 km dari Banjarmasin. Masjid Su’ada ini memiliki ukiran dan kaligrafi, arsitektur tradisional. H. Abbas dan H. Said membangun masjid ini pada tahun 1908 dengan tinggi bangunan 27 meter.

masjid suada kandangan

  • Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut juga memiliki pantai Batakan, yang memiliki panorama indah untuk dikunjungi.

  • Pantai Batakan

Pantai Batakan terletak sekitar 150 km dari Banjarmasin. Di garis pantai adalah hamparan pasir putih & pohon cemara yang tumbuh hijau di sekitar pantai. Bagi mereka, yang ingin mengatasi malam, di pantai, tersedia pondok yang disewakan.

pantai batakan tanah laut

Air Terjun Bajuin

Air terjun Bajuin terletak di lereng gunung Meratus. Tidak jauh dari air terjun, ada gua marmer atau Goa Marmer, kira-kira ± 30 menit dengan berjalan kaki.

Gua ini unik karena ada banyak dinding gua marmer yang biasanya digunakan untuk ubin rumah dan bentuk gua seperti kubah masjid; di dalam gua, ada juga yang hidup dengan kehidupan nokturnal kelelawar. Air terjun ini terletak di desa Sei, sungai Bakar, kecamatan Pelai hari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

air terjun bajuin

Bagaiamana, sudah menemukan lokasi hunting berikutnya di Banjarbaru dan sekitarnya? Siapkan waktu yang cukup longgar untuk menikmati semua lokasi wisata dan keindahan Kalimantan Selatan. Selamat eksplore Banjarbaru, ya!