Sunday , 24 February 2019

13 Tempat Wisata Di Temanggung Jawa Tengah Yang Wajib Kamu kunjungi

Temanggung merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di provinsi jawa tengah yang ternyata mempunyai tempat wisata yang patut anda kunjungi. Selama ini temanggung kurang banyak dilirik oleh para traveler karena kalah pamor dengan tempat wisata di magelang, wonosobo dan juga semarang. Namun perlu anda ketuhi, kota kecil ini mempunyai tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri.

Yah Temanggung memiliki wisata alam yang tak kalah dengan kabupaten di sekitarnya, mulai dari wisata air terjun di temanggung hingga wisata pendakian gunung yang sekarang lagi ngtrend di kalangan anak muda jaman sekarang. Oke selanjutnya simak rivew obyek wisata temanggung yang patut anda kunjungi.

1. Wisata Alam Posong Temanggung

Temanggung juga tidak mau kalah dengan wisata alam kopeng salatiga yang mempunyai pemandangan pegunungan yang eksotik. Yah tepatnya wisata alam posong temanggung, tempat ini berada di tengah dua gunung yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing.

posong, wisata alam temanggung

Wisata alam posong ini menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang begitu indah, apabila anda berkunjung ketempat tersebut anda dapat menikmati hamparan kebun tembakau yang indah. Dan jika sore hari, sunset dari tempat tersebut terlihat begitu sempurna.

Di tempat ini juga di sediakan gazebo untuk anda beristirahat sambil menimati kesejukan udara ala pegunungan. Tempat ini berada di daerah berbatasan antara wonosobo dan temanggung.

2. Monumen Meteoroit di Temanggung

Tidak hanya solo yang mempunyai monumen yang beragam, kabupaten temanggung juga ternyata memiliki monumen yang jarang di miliki oleh kabupaten yang ada di indonesia lainya. Yiatu monumen Meteoroit yang berada Ds Wonotirto Kec Bulu Temanggung.

wisata sejarah di temanggung

Menurut cerita yang ada, pada jaman dahulu tempat tersbut merupkan tempat jatuhnya sebuah meteor dan dibangunlah sebuah monumen di tempat tersebut oleh pemerintah lokal. Monumen Meteoroit merupkan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di temanggung.

3. Wisata Alam Jumprit Temanggung

Tempat wisata alam di temanggung yang pertama yaitu wisata alam jumprit yang sekaligus juga menjadi tempat wisata sejarah. Lokasi  atau alamat wisata jumprit berada di Kec. Ngadirejo. Apabila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan disguhkan dengan pemandanagn pepohana yang rimbun dan juga terdapat mata air suci. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacar adat waisak yang dibawa dari candi borobudur ke candi mendhut yang ada di magelang.

wisata alam jumprit temanggung

Selain itu di tempat ini juga banyak terdapat kera yang berkeliaran. Dan bagi anda yang membawa barang bawaan seperti tas dan yang lainya harap selalu menjaga barang anda karena kera di tempat ini kadang jahil dengan mengambil barang milik wisatawan.

4. Taman Kartini Temanggung

Seperti halnya Surabaya yang memiliki banyak taman yang indah, temanggung juga tak mau kalah dengan surabaya. Temanggung juga memilik taman yang indah yang bernama Taman Kartini di Koangan. Lokasi taman ini pun sangat strategis karena letaknya yang berada di pusat kota temanggung.

taman kartini koangan temanggung

Taman ini cocok bagi anda yang ingin beristirahat setelah anda telah mengunjungi beberapa tempat wisata di temanggung yang keren . Di tempat ini juga terdapat ruang dan wahana bermain untuk anak anak. Banyak juga kaula muda yang bersantai di tempat ini untuk sekedar refresh pikiran ataupun yang lainya.

5. Curug Lawe ” Pesona Wisata Air Terjun Di Temanggung “

Siapa sangka ternyata temanaggung juga mempunyai air terjun yang tak aklah indahnya dengan curug cigamea di bogor . Lokasi curug lawu sendiri berada di Ds Muncar Kec Gemawang. Lokasi georafisnya yang bearada di kaki gunung ungaran membuat suhu udara di air terjun tersebut menjadi sangat sejuk apalagi ditambah dengan rimbunya pohon ala hutan tropis yang timbuh di sekitaran air terjun.

curug lawe, tempat wisata air terjun di temanggung

mempunyai nama lawe pun bukan tanpa alasan, karena air yang turun dari atas begitu jernih dan teampak seperti benang putih maka oleh masayarakat sekitar di berilah nama curug lawe. Lawe merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti benang dalam bahasa indonesia.

6. Pesona Candi Gedong Songo

Apabila Yogyakarta mempunyai candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai candi gedong songo bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah.

candi gedong songo, tempat wisata alam temanggung

Tempat ini sangat cocok bagi anda keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang murah dan juga tidak mengecewakan. Banyak juga segerombolan anak muda yang ramai mengunjungi candi gedong songo. Di tempat ini anda bisa merasakan sensai alam khas pegunungan. Tempat ini berlokasi di daerah perbatasan antara semarang dan temanggung.

7. Padang Sabana Kledung Pas Temanggung

Tempat wisata alam temanggung selanjutnya yaitu kledung pas, tempat hampir sama dengan wisata alam posong. Yaitu berada di tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Bila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan di suguhkan dengan pemandangan sabana yang luas yang di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunana mulai dari kentang, wortel hingga tembakau.

kledung pas temanggung

Di saban kledung ini juga banyak terdapat rest area dan juga hotel, tidak sedikit bus pariwisata yang transit di area sabana kledung ini karena kebetulan kledung merupakan jalur utama penghubung natar temanggung dan wonosobo.

8. Candi Pringapus Temanggung

candi pringapus, wisata sejarah temanggung

Setelah membahas tentang indahnya wisata alam temanggung jawa tengah, kini saatnya membahas wisata sejarah yang ada di temanggung. Yaitu candi Pringapus, candi ini merupakan peninggalan candi hindu, Untuk reliefnya pun hampir sama denga candi dieng yang ada di banjarnegara.

9. Danau Buatan Embung Kledung Temanggung

wisata selanjutnya masih membahas tenatng seputaran kledung. Yaitu embung kledung, embung kledung merupakan danau buatan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di kledung dan sekitarnya.

embng kledung, wisata alam teamanggung

Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan saja, kini embung kledung juga bisa di gunakan sebagai tempat wisata. lokasinya berada di kaki gunung sindoro. selain menyuguhkan pemadangan danau buatan, di tempat ini juga menyuguhkan view gunung sindoro yang cantik.

10. Curug Onje

wisata temanggung
Curug Onje

tahukah sih ternyata temanggung kaya akan wisata curugnya loh, nan yang lebih menariknya lagi, curug yang ada di temanggun masih alami dan jarang di jamaholeh wisatawan.

seperti halnya curug onje yang mempunyai pemandangan yang indah ini. Untuk Akses lokasi ke curug onje, bisa di disamak disini -> Wisata Curug Onje di Temanggung Yang Eksotik

11. Curug Titang dengan Air Jernihnya

objek wisata temanggung
Curug Titang

satu lagi air terjun di temanggung yang mempunyai air jernih ala pegunungan dan tentunya sangat segar untuk di gunakan untuk mandi.

12. Curug Trocoh Temanggung yang Tersembunyi

wisata di temanggung
Curug Trocoh

Selain curug onje, ada lagi nih wisata curug di temanggung yang sangat menggoda yang lokasinya juga masih jarang di ketahui orang. namanya curug trocoh, lokasinya yang berada di lereng gunung sindoro dan akses yang lumayan sulit membuat curuk ini kurang di kenal oleh wisatana.

untuk mengetahui lebih luas tentang curug trocoh bisa simak ulasan berikut ini -> 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

13. Curug Merak yang Elok untuk di Nikmati

wisata-curug-merak-temanggung
curug merak temanggung. image by : @dimaserlangga_

Ternyata belum habis lo daftar curug di temanggung yang tersembunyi, kalo yang ini namanya curuk merak yang loaksinya juag tersembunyi.

Mempunyai genangan air yang cukup luas dan tidak begitu derasnya aliran air terjun membuat curug ini bisa anda gunakan untuk berenang.