Sunday , 24 February 2019

10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro Paling Asik

10 tempat wisata jogja dekat malioboro

Jalan-jalan ke Jogja belum afdol bila tak mengunjungi Malioboro. Ikon Kota Jogja yang satu ini selalu menghadirkan kerinduan bagi siapapun yang pernah mendatanginya. Jika kamu tak punya banyak waktu luang, 10 tempat wisata Jogja dekat Malioboro ini bisa menjadi alternatif.

Malioboro berada tepat di sisi selatan Stasiun Yogyakarta, atau sering disebut Stasiun Tugu. Kamu hanya perlu berjalan 300 meter dari pintu keluar stasiun untuk menemui papan penunjuk Jalan Malioboro yang populer itu.

tempat wisata jogja malioboro
Credit: bakpiajogja.id

Dari sisi utara, Taman Parkir Abu Bakar Ali bisa menjadi spot hunting foto yang sempat hits beberapa waktu yang lalu. Kemudian, berjalan ke selatan kamu bisa menikmati suasana Jogja di spot tempat duduk yang tertata rapi di tepi Jalan Malioboro. Disini kamu bisa bercengkerama bersama teman atau sahabat kamu sepanjang malam.

Bila ingin berbelanja, Malioboro adalah pusatnya. Mulai dari Mall hingga pedagang kaki lima siap kamu datangi untuk mendapatkan cinderamata khas Jogja sebagai buah tangan.

Sampai di ujung selatan, kamu akan menemukan Titik Nol Kilometer Jogja yang tak kalah hits sebagai spot  foto favorit. Di Titik Nol ini kamu akan menemukan Monumen Serangan Umum Satu Maret, Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Jogja dan tentu saja Benteng Vredeburg yang pada momen-momen tertentu kamu bisa menemukan banyak aneka pameran di tempat ini.

Jika kamu ingin berwisata di Jogja namun tak ingin jauh-jauh dari Malioboro, kamu bisa mengunjungi 10 tempat wisata di Jogja dekat Malioboro berikut ini.

10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro sangatlah lengkap mulai dari wisata budaya, wisata edukasi, wisata belanja, wisata kuliner dan juga hiburan. Kamu bisa merasakan nuansa Jogja yang kental tanpa harus jauh-jauh dari Malioboro.

Baca Juga:  Puncak Kosakora Gunungkidul, Bukit Indah di Pesisir Pantai

Kraton Jogja

Kraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi tepat di sisi selatan Tugu Nol Kilometer Jogja.

Keraton ngayogyakarta hadiningrat
Credit: eksotisjogja.com

Kraton Jogja merupakan salah satu objek wisata favorit dekat dengan Malioboro. Jaraknya hanya 500 meter dari Tugu Nol Kilometer Jogja. Disini kamu bisa berwisata sambil mengenal budaya Ngayogyakarta dan juga melihat koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan. Pada waktu tertentu kamu bisa menyaksikan pagelaran seni khas Kraton Jogja.

Kraton Yogyakarta dibuka untuk para wisatawan setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 WIB. Tapi khusus untuk hari Jum’at, wisata kraton Jogja dibuka dari jam 08.00 wib – 12.00 wib. Untuk masuk ke Kraton Yogyakarta kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp.7.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan asing.

Taman Pintar

Buat kamu yang berencana mengajak anak atau adik yang masih berusia sekolah tak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Pintar Jogja. Namanya saja Taman Pintar, sudah pasti siapapun yang datang kesini ingin dibuat lebih pintar. Yap, Taman Pintar adalah wahana bermain sekaligus belajar yang diutamakan untuk anak-anak.

Eits, bukan berarti orang dewasa nggak boleh masuk Taman Pintar lho. Barangkali mungkin ada hal yang belum kamu ketahui yang ada di Taman Pintar ini, terutama buat kids jaman old kayak kamu :p

Baca Juga:  Asiknya Bermain Air di Ekowisata Taman Sungai Mudal

Taman Pintar hanya berjarak 500 meter dari Titik Nol Kilometer Jogja dan bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki dari Malioboro. Tiket masuk ke Taman Pintar adalah 10 ribu rupiah bagi anak-anak dan 18 ribu bagi orang dewasa. Taman Pintar buka dari jam 09.oo sampai dengan 16.00 WIB.

Jalan Wijilan

Jalan Wijilan adalah sentra kuliner gudeg asli Jogja yang letaknya hanya di timur Kraton Yogyakarta. Disini kamu bisa menikmati hidangan gudeg dengan berbagai pilihan lauk. Kamu bisa memilih rumah makan mana yang ingin kamu kunjungi karena disini tersedia banyak pilihan berjajar-jajar.

Setelah berjalan-jalan di Malioboro dan sekitarnya sudah pasti kamu akan merasa lapar, dan Gudeg Jogja bisa menjadi pilihan kuliner khas Jogja yang tak boleh kamu lewatkan. Taburan sambel krecek di atas seporsi gudeg tentu akan menggoda selera makan kamu.

gudeg jogja wijilan
Sambel krecek memang, hmm. Credit visitingjogja.com

Alun-Alun Kidul

Selain Kraton Yogyakarta yang terletak dengan halaman Alun-Alun Utara Yogyakarta, ada juga Alun-Alun Kidul yang terkenal dengan hiburan atraksi wisata malam hari.

Kamu bisa menikmati sepeda tandem atau becak wisata dengan aneka lampu dan bentuk yang menarik bersama dengan teman-teman kamu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana malam dengan jajanan khas Jogja yang dijajakan para pedagang di seputar Alun-Alun Kidul.

alun alun kidul jogjakarta
Credit: jogjaspace.com

Ada juga permainan tradisional Masangin dimana kamu akan dituntut untuk berjalan dengan mata tertutup dan harus melewati tengah-tengah 2 pohon beringin di tengah Alun-Alun Kidul. Konon siapa yang bisa melewatinya dengan mulus tanpa halangan akan tercapai keinginannya.

Taman Sari

Taman Sari Water Castle merupakan pemandian putri kraton pada jaman dahulu. Kini Taman Sari dibuka untuk umum sebagai wisata budaya yang sangat menarik. Kamu akan dibawa melewati lorong-lorong yang sungguh menakjubkan.

Baca Juga:  Lokasi dan Rute Menuju Pantai Drini Gunung Kidul Yang Lagi Hits

Taman Sari Water Castle Jogja

Salah satu spot menarik dari Taman Sari Water Castle adalah Sumur Gumuling. Kini, Taman Sari lebih banyak dikunjungi untuk hunting foto kaum remaja edgy masa kini.

Tugu Jogja

Tugu Jogja juga bisa menjadi salah satu agenda kunjungan wajib kamu selama di Jogja. Tak perlu jauh dari Malioboro memang, namun kamu harus memutar melalui Kotabaru untuk menuju Tugu Jogja.

tugu jogja senja
Tugu Jogja

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sekitar Tugu Jogja adalah berfoto dengan Tugu Jogja dan menikmati Kopi Joss di malam hari. Hmm, menarik kan?

Masjid Gedhe Kauman

Bila kamu adalah seorang muslim maka tak ada salahnya untuk berwisata religi ke Masjid Gedhe Kauman. Lokasi Masjid ini tepat di sebelah barat Alun-alun Utara Jogja.

Masjid Gedhe Kauman
Credit: visitingjogja.com

Masjid Gedhe Kauman konon merupakan saksi bisu perkembangan Kraton Jogja hingga saat ini.

 

Itu tadi adalah 10 tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Jogja. Bila waktu kamu tak longgar, kamu tetap bisa menikmati suasana Jogja yang khas dari tempat-tempat di atas. Selamat berlibur di Jogja dan bila kamu ingin berwisata di Jogja tanpa ribet, Jogja Transport siap menjadi partner kamu untuk sewa mobil di Jogja yang bisa menjemput kamu di Stasiun Yogyakarta.

Semoga bermanfaat mas mbak!